8 Tips Menghemat Biaya Produksi Usaha Industri Anda

low cost
8 Tips Menghemat Biaya Produksi Usaha Industri Anda

Berbicara biaya mengenai saat produksi dalam sebuah usaha industri, pasti para pengusaha menginginkan penghematan dalam biaya produksi tersebut. Banyak yang mengira bahwa cara menghemat biaya tersebut dengan cara mengurangi jumlah pekerja, memangkas jumlah teknologi yang digunakan, atau mengurangi komponen lain yang sebenarnya komponen tersebut sangat berguna untuk proses produktivitas usaha dalam sebuah industri.

Padahal, dari pada melakukan pengurangan yang dapat memberikan dampak berupa berkurangnya kualitas produk dan kepuasan bagi pelanggan, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya produksi. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut, antara lain :

1. Evaluasi Total

Evaluasi Total bisa dimulai dengan mengulas secara menyeluruh dan realistis semua hal yang berkaitan dengan proses produktivitas dalam usaha industri anda. Penilaian ini bisa menjadi gerbang awal anda dalam proses penghematan biaya produksi.

Luangkan waktu untuk melihat dan memperhatikan setiap proses yang berkaitan dengan proses produktivitas usaha dan seluruh komponen yang berkaitan. Dengan begitu anda bisa mengetahui secara pasti komponen apa saja yang bisa dikurangi atau diganti dengan yang lain demi terciptanya penghematan dalam usaha industri anda.

2. Kurangi Konsumsi Energi

Melakukan penghematan biaya produksi juga bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi energi. Untuk mengurangi hal ini, Anda harus membuat keputusan produksi berdasarkan permintaan. Dengan melakukan hal ini, kepuasan pelanggan tidak menjadi korban dari proses penghematan biaya produksi.

Selain itu, memantau proses produksi dan kondisi secara realtime merupakan hal yang sangat penting juga untuk dilakukan, sehingga anda bisa mengatur seberapa banyak energi yang harus dikeluarkan dalam proses tersebut.

3. Negosiasi dengan Supplier, Vendor, atau Penyedia Jasa ekspedisi

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk menghemat biaya usaha industri anda yaitu bernegosiasi dengan vendor atau supplier untuk mendapatkan harga yang lebih murah atau diskon. Anda dapat menawarkan kepada mereka uang muka yang lebih atau bisa membeli barang mereka dalam jumlah yang besar.

Selain dengan supplier, anda juga perlu berkomunikasi dengan jasa ekspedisi. Konsultasikan dengan jasa ekspedisi untuk mendapatkan biaya pengiriman yang lebih murah. Tanyakan hal apa saja yang menjadi persyaratannya pada mereka. Karena itu merupakan kunci agar bisa saling menguntungkan satu sama lain.

4. Jual Produk Atau Komponen Yang Tidak Terpakai

Jika anda memiliki produk yang sudah tidak terpakai atau mesin yang sudah tidak digunakan, maka sebaiknya segera anda jual kepada pengumpul barang bekas. Jangan sampai dibuang.

Selain itu, anda bisa menjual bahan-bahan yang sudah tidak terpakai. Hal tersebut bisa anda lakukan untuk membantu menghasilkan uang tambahan yang bisa anda gunakan untuk biaya operasional produksi anda. Disisi lain, ini merupakan sebuah langkah yang bagus untuk membantu mengurangi limbah yang bisa mencemari lingkungan.

5. Gunakan Sistem Lean Manufacturing

Lean manufacturing merupakan sebuah sistem dimana menghilangkan atau meminimalkan suatu aktivitas kerja yang tidak bernilai pada suatu proses produksi, karena jika tidak dihilangkan hal tersebut termasuk pemborosa. Lean Manufacturing ini bisa membantu pada produsen untuk mengurangi biaya produksi.

Bila anda tidak ingin menanggung biayan yang berlebihan, maka harus menganalisa dan dicari hal-hal apa saja yang harus dihilangkan pada proses produksi dalam rangka menghemat biaya operasional usaha anda.

Lean manufacturing ini dapat membantu anda dalam memanajemen produktivitas usaha, mempercepat laju produksi, mencegah produksi yang berlebih, dan masih banyak lagi. Inti dari lean manufacturing selain untuk menghemat biaya operasional produksi, juga dapat membawa arah usaha industri anda ke arah yang lebih baik.

6. Kurangi Biaya Material

Dengan mengurangi biaya material, anda bisa menghemat biaya pengeluaran untuk biaya produksi industri anda. Contoh hal yang bisa dilakukan dengan cara mengubah desain dari produk anda menjadi lebih simple atau dengan menggunakan sumber daya yang dimiliki, dan lain lain.

7. Atur Pembelian dan Persediaan Stok

Sangat penting bagi anda untuk mengetahui kapan harus melakukan pembelian stok bahan untuk usaha anda dan harus memastikan stok bahan anda tidak kurang atau berlebihan.

Jika persediaan stok anda sampai kurang, maka hal tersebut membuat anda harus membeli stok Kembali. Sehingga hal tersebut menambah biaya pengiriman stok yang telah anda beli.

Selain itu, stok bahan yang berlebihan juga bisa membusuk atau mengalami kontaminasi (jika anda menyimpan bahan makanan atau produk yang mudah rusak), hal tersebut membuat biaya produksi menjadi lebih banyak karena digunakan untuk biaya pemeliharaan.

8. Maksimalkan Kinerja Karyawan

Sebagai pemilik dan pemimpin pada usaha industri, anda harus bisa mengoptimalkan pekerjaan keryawan anda. Hal tersebut demi terpenuhinya kebutuhan para konsumen agar tepat waktu.

Proses pengoptimalan pekerjaan bisa anda lakukan dengan cara memberikan pelatihan kepada para karyawan anda, sehingga kualitas kerja para karyawan menjadi meningkat dan bisa bekerja lebih produktif lagi. Mempunyai karyawan yang berkualitas akan membantu meminimalisir untuk merukrut karyawan baru. Hal tersebut bisa menghemat biaya untuk produksi usaha industri anda.

Kesimpulan

Dengan menerapkan beberapa tips diatas untuk menghemat biaya produksi industri, diharapkan anda bisa mendapatkan untung yang lebih banyak. Namun perlu diingat bahwa anda boleh menghemat biaya operasional untuk usaha industri anda, namun jangan sampai hal tersebut mengorbankan kualitas produk dan kepuasan pelanggan anda. Karena kepuasan pelanggan tetap menjadi hal yang utama.

Dalam hal ini,  Satumesin menyediakan mesin-mesin yang digunakan dalam usaha industri anda, contohnya seperti mesin pallet handlingpalletizing robot, conveyor  untuk memindahkan produk-produk industri anda.  Bisa juga  menggunakan mesin carton sealercase packercase erector untuk membantu proses pengemasan produk anda. Atau mesin coding printer dan mesin printlase untuk membantu proses pemberian label/kode/tanggal pada produk anda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang berbagai jenis mesin yang kami sediakan, silahkan kunjungi halaman katalog produk mesin kami atau hubungi customer service kami. Untuk informasi mesin lainnya, silahkan kunjungi halaman katalog kami dan jangan lupa follow sosial media kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *