Dorong Digitalisasi UMKM, Perhatikan Hal Berikut Ini

digitalisasi

Apa itu digitalisasi?

Pada dasarnya, digitalisasi merupakan sebuah proses dari non-digital menjadi digital. Menggunakan media-media digital yang dapat mempengaruhi proses kerja, interaksi, distribusi dan penjualan sebuah produk. Tujuan digitalisasi adalah menjadikan pekerjaan lebih hemat dan efisien. Selain itu, dalam sudut pandang distribusi, maka konsumen yang menjadi target akan semakin luas juga.

Akselerasi digitalisasi pada sektor UMKM saat ini sedang sangat di optimalkan. Selain untuk meningkatkan produktivitas, hal ini juga bertujuan agar pengusaha UMKM cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital saat ini.

Sebelum masuk kedalam era digitalisasi, pemerintah dan para pelaku UMKM harus mempersiapkan hal-hal berikut ini :

1. Pengetahuan dasar tentang dunia digital

Perkembangan teknologi saat bisa dibilang sangat cepat. Tak ayal hal ini pun mengakibatkan ketertinggalan atau kesenjangan yang cukup jauh terhadap para penggunanya. Terutama para pelaku UMKM yang biasanya hanya fokus pada proses produksi mereka. Dan mengandalkan lingkungan sekitar untuk pendistribusiannya.

Peran pemerintah dan pihak perkait sangat dibutuhkan untuk mengatasi kesenjangan teknologi digital tersebut. Misalnya saja, dengan diadakannya seminar atau pelatihan gratis yang ditujukan khusus kepada pelaku UMKM. Para kader pun bisa terjun ke lapangan untuk memberikan pelatihan tersebut agar tujuannya bisa lebih cepat tercapai.

Masalah yang umum ditemui di lapangan memang kondisi para pelaku UMKM yang gaptek. Namun, tidak sedikit juga pelaku UMKM yang sudah merambah ke dunia digital untuk memasarkan produknya. Ilmu digitalisasi ini pun bisa disalurkan antar pelaku UMKM.

2. Stok Barang

Masuk ke dalam era digitalisasi untuk distribusi atau penjualan, maka pasar yang menjadi target pun akan semakin luas. Dari yang biasanya hanya dipasarkan di satu kabupaten atau provinsi, bisa menjadi satu negara atau bahkan antar benua. Ini merupakan salah satu keunggulan dari pemasaran digital.

Namun, peningkatan permintaan juga harus diimbangi dengan tersedianya pasokan produk dari pelaku UMKM. Untuk meningkatkan atau mempertahkan kualitas dan jumlah produksi, salah satu cara adalah dengan menggunakan peralatan yang memadai. Contohnya dengan menggunakan mesin dalam proses produksinya.

Ketika permintaan banyak namun produknya tidak ada, hal ini akan sangat merugikan para pelaku UMKM karena melewatkan peluang di depan mata. Sementara, jika proses masih manual dan dipaksa untuk meningkatkan produksi, sudah pasti biaya yang dikeluarkan akan meningkat karena tenaga manusia yang digunakan semakin banyak. Bayangkan jika terus menggunakan proses manual ini untuk mencukupi permintaan yang begitu banyak.

3. Memilih mesin yang sesuai

Setelah cukup yakin untuk menggunakan mesin untuk proses produksi, berikutnya adalah memilih mesin yang sesuai dengan kebutuhan. Hal yang harus diperhatikan adalah jenis mesin yang akan dipakai, bahan baku yang digunakan, proses produksi seperti apa, dan yang tidak kalah penting adalah lokasi atau penempatan mesin tersebut.

Kenapa lokasi menjadi hal yang penting? Mesin yang diletakkan sembarangan tidak akan memiliki umur yang panjang. Sayang jika membeli mesin dengan harga yang relative mahal kemudian rusak hanya karena salah ruangan atau lokasi.

Kemudian, mesin produksi juga terdiri dari beberapa macam. Seperti mesin pengemas atau mesin pencetak kode. Mesin-mesin tersebut juga terdiri dari beberapa type. Tergantung dari kebutuhan masing-masing pengguna.

Prinjet-1s
Mesin Expired Date Printjet 1S

Tidak semua mesin pengemas bisa digunakan untuk mengemas minuman serbuk, misalnya. Dan tidak semua mesin coding bisa mencetak di media kayu. 2 hal tersebut merupakan sedikit contoh betapa bervariasinya mesin produksi yang beredar di pasaran. Maka, sebelum menggunakan mesin-mesin tersebut. Pastikan pertimbangan yang sudah dijelaskan di awal tadi benar-benar dilakukan agar tidak salah pilih mesin.

Kesimpulannya, akselerasi digitalisasi memang akan berdampak baik untuk kedepannya. Namun, hal-hal mendasarnya pun tidak boleh dilupakan apalagi di sepelekan. Apalagi, UMKM merupakan salah satu sektor penopang perekonomian di Indonesia. Salah langkah diawal akan berakibat fatal untuk proses selanjutnya.

SatuMesin tidak hanya menyediakan mesin untuk industri besar, namun juga untuk pengusaha mikro dan UKM. Jika anda mengalami kendala untuk memilih mesin, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami. Kami dengan senang hati membantu anda menemukan solusi terbaik bagi usaha anda.

Untuk melihat mesin-mesin yang kami jual, anda bisa mengunjungi halaman kataglog prodk kami dan jangan lupa follow sosial media kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *