Industri Manufaktur – Pengertian, Jenis, Dan Contohnya

3966428051 d7a5ba4301 k
Industri Manufaktur

Pernahkah anda menyadari bahwa beberapa produk yang anda gunakan setiap hari merupakan hasil dari industri manufaktur? Lihatlah di sekeliling anda, laptop yang anda gunakan, atau handphone yang anda genggam saat ini merupakan produk yang dirakit dan dibuat sebagai hasil dari industri manufaktur.

Industri manufaktur merupakan sebuah proses industri dimana mengubah barang mentah menjadi barang jadi. Barang jadi ini bisa dijual lagi kepada konsumen atau ke bisnis lain yang digunakan untuk membuat produk yang berbeda.

Apakah anda ingin mengetahui lebih jauh tentang industri manufaktur? Mari simak artikel berikut ini.

Pengertian industri Manufaktur

industri manufaktur adalah sebuah proses produksi menggunakan mesin-mesin industri yang modern dan program manajemen yang teratur untuk melakukan produksi dari barang mentah menjadi barang jadi dan bisa dijual. Industri ini memiliki berbagai tahapan karena membutuhkan sebuah proses untuk memproduksi dan integrasi antar komponen-komponen yang digunakan.

Industri manufaktur ini sering menggunakan mesin, robot, komputer, dan juga manusia untuk memproduksi sebuah barang. Biasanya alur produksinya yaitu dengan merakit bahan-bahan yang memungkinkan produk di satukan satu demi satu, lalu berpindah dari satu stasiun kerja menuju stasiun kerja yang lain.

Dalam penerapan bisnisnya, para pengusaha manufaktur bisa memilih untuk menjual produknya langsung kepada konsumen, ke produsen lain, kepada distributor, atau ke grosir.

Istilah-istilah dalam industri manufaktur

Berikut beberapa istilah yang berkaitan dengan manufaktur:

1. Manufacturing

Kumpulan operasi dan aktivitas yang saling berkorelasi untuk menghasilkan produk, seperti perancangan produk, pemilihan bahan baku, perencanaan, inspeksi, dan manajemen.

2.Manufacturing Proses

Sebuah aktivitas untuk merubah bentuk dari produk bahan dengan menggunakan mesin-mesin, contohnya milling, drilling, dan lain-lain.

3. Assembly

Berbagai proses produksi yang berkumpul menjadi satu dan dibentuk untuk bermacam-macam komponen dan sub perakitan yang dibentuk bersama-sama dengan tujuan untuk membentuk dan merancang produk secara lengkap.

4. Manufacturing System

Suatu pengelompokan dari beberapa proses manufaktur dan perakitan yang saling berinteraksi.

Jenis Produksi Manufaktur

Terdapat 3 jenis produksi manufaktur, antara lain make-to-stock (MTS), make-to-order (MTO), dan make-to-assamble (MTA). Berikut penjelasan setiap jenisnya:

1. Make-To-Stock (MTS)

Jenis ini merupakan strategi yang terbilang tradisional karena mengandalkan penjualan data pada masa lampau untuk digunakan menjadi perkiraan permintaan konsumen dan merencanakan aktivitas produksi pada masa depan.

Strategi ini mempunyai kelemahan yaitu dengan digunakannya data masa lampau untuk digunakan memprediksi permintaan pada masa depan, maka kemungkinan terjadinya perkiraan yang meleset bisa terjadi. Hal ini mengakibatkan produsen yang meninggalkan stok menjadi tidak cukup atau bahkan berlebihan.

2. Make-To-Order (MTO)

Strategi ini memberi keleluasaan kepada pelanggan untuk memesan produk yang disesuaikan dan diproduksi sesuai dengan spesifikasi yang mereka inginkan. Proses produksi akan dimulai setelah pesanan diterima. Hal ini membuat waktu tunggu dari pelanggan lebih lama, tetapi risiko persediaan yang berlebihan bisa dikurangi.

3. Make-To-Assamble (MTA)

Strategi ini merupakan campuran dari Make-To-Stock (MTS) dan Make-To-Order (MTO). Jadi strategi ini menggunakan perkiraan permintaan dari pelanggan sebagai konsep dasar produk yang akan diproduksi, kemudian produk akan diproduksi saat setelah permintaan diterima dari pelanggan.

Pelanggan dapat menyesuaikan produk sesuai dengan yang mereka inginkan dan juga cepat menerima produknya, karena pihak produsen telah memiliki konsep dasar dari produk tersebut. Namun jika tidak ada pesanan yang masuk, maka stock barang yang dijadikan konsep dasar untuk pesanan pelanggan itu tadi akan menumpuk.

Setiap strategi diatas memiliki kelemahannya masing-masing. Maka dari itu, produsen harus bisa menjaga biaya produksi tetap rendah, mempertahankan kontrol kualitas, dan melakukan menajemen produksi dengan baik.

Contoh Industri Manufaktur yang ada di Indonesia

1. Industri Tekstil

textile industry with knitting machines 79762 102
Hasil Industri Tekstil | source:freepik.com

Industri tekstil merupakan salah satu industri yang banyak berdiri di Indonesia. Jenis industri ini yaitu mengolah serat kayu, kapas, dan bulu domba menjadi benang. Kemudian dari benang, diolah Kembali menjadi kain.

2. Industri Garmen

28074446566 bae6c238dd k
Hasil dari Industri Tekstil | Source: flicker.com

Industri garmen yaitu merupakan kelanjutan dari industri tekstil yaitu mengolah kain menjadi produk lain. Contohnya bisa berupa baju atau pakaian.

3. Industri Keperluan Rumah Tangga

yogya jadi produsen terbesar wajan di indonesia kKq113g0XT
Hasil Industri Wajan | Source : okozone.com

Jenis industri ini banyak menghasilkan produk dengan berbagai jenis. Contohnya untuk produk dapur seperti pisau, sendok, piring, dan lain lain. Selain itu ada produk interior rumah seperti kayu, kursi, meja, dan lain-lain.

4. Industri Otomotif

50621077457 7bd72f505d k
Industri Mobil | Source : flickr.com

5. Industri elektronik

DSC05611 740x493 1
Proses Industri Elektronik | Source : nalar.id

6. Industri Kerajinan

unnamed
Hasil Industri Kerajinan | Source : google.com

Barang hasil dari industri kerajinan bisa terbuat dari berbagai macam bahan, sesuai dengan produk yang dihasilkan. Biasanya hasil dari kerajinan ini di ekspor ke luar negeri, tetapi ada juga yang dipasarkan kedalam negeri. Hasil industri kerajinan misalnya patung, keramik, pahatan kayu, kain tenun, dan lain-lain.

Itulah penjelasan mengenai industri manufaktur, mulai dari pengertian, istilah-istilahnya, jenis-jenis, dan juga contohnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang mesin-mesin yang kami sediakan, silahkan kunjungi halaman katalog produk mesin kami atau hubungi customer service kami. Untuk informasi mesin lainnya, silahkan kunjungi halaman katalog kami dan jangan lupa follow sosial media kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *