Ingin Gunakan Thermal Printer? Ini Teknologinya

Penggunaan thermal printer di dunia industri memang sudah tidak asing lagi. Baik itu industri skala kecil hingga industri skala nasional. Printer thermal berbeda dengan printer pada umumnya karena memanfaatkan panas untuk mencetak teks maupun gambar pada media. Contohnya saja penggunaan printer thermal di area perbelanjaan untuk mencetak struk pembelian.

Teknologi printer thermal terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Direct Thermal (DT) dan Thermal Transfer (TT). Nah, kali ini kita akan membahas apa perbedaan dari keduanya? Bagaimana peran keduanya dalam industri? Mana yang lebih cocok untuk usaha?

Thermal Printer : Direct Thermal VS Thermal Transfer

Direct Thermal

Direct thermal tidak bisa menghasilkan warna lain selain hitam. Kertas yang digunakan oleh direct thermal adalah kertas khusus yang disebut kertas thermal. Kertas ini akan menghitam pada saat melewati printhead yang panas. Pengoperasiannya mudah dan tidak membutuhkan ribbon.

Namun hasil printing dari mesin ini akan mudah pudar karena perubahan suhu dan hal lainnya. Penggunaan direct thermal berfungsi untuk mencetak struk atau barcode yang umur penyimpanannya singkat. Contohnya saja pencetakan pada label pengiriman, kupon, tiket parker, struk belanja, dan masih banyak yang lainnya.

Apabila anda mendapat label atau struk yang mudah pudar, dapat dipastikan bahwa printer yang digunakan adalah jenis Direct Thermal. Keunggulan printer adalah :

  • harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan thermal transfer
  • ukurannya juga lebih kecil dan hemat tempat
  • hasil cetakan Direct Thermal biasanya bertahan kurang lebih selama 6 bulan
  • Operasionalnya juga lebih praktis
direct-thermal-contoh
contoh penggunaan direct thermal

Thermal Transfer

Jenis printer ini sedikit berbeda dari sebelumnya. Printer ini menggunakan thermal ribbon atau pita thermal untuk proses cetaknya.  Printhead dari thermal transfer printer akan dipanaskan kemudian pita akan diletakkan diantara printhead dan media. Ketika pita bersentuhan dengan printhead, maka gambar, teks atau tanggal akan tercetak pada media sesuai pengaturan.

Harga dari mesin thermal transfer lebih mahal dibandingkan dengan mesin direct thermal. Namun kualitas dari thermal transfer ini jauh lebih tahan lama dan awet dibandingkan dengan printer direct thermal. Printer ini juga dapat mencetak pada berbagai media atau bahan seperti kertas, polyester, dan bahan polypropylene.

Penggunaan thermal transfer biasanya untuk mencetak kode produksi, expired date, nomor batch maupun barcode pada kemasan produk. Pengaplikasiannya pun lebih banyak digunakan pada produk-produk yang umur simpannya lama.

Contoh penggunaan mesin thermal transfer ini adalah pada proses produksi industri kimia, farmasi, food and beverage, warehouse, dan produk lain yang penyimpanannya diluar ruangan.

thermal-transfer-contoh
contoh penggunaan thermal transfer

Printer Mana yang Cocok Untuk Usaha Anda?

Penggunaan thermal printer sangat bergantung pada jenis usaha anda. Direct thermal tidak bisa digunakan untuk mencetak dengan metode Thermal Transfer. Namun Thermal Transfer tipe tertentu bisa digunakan untuk mencetak dengan metode Direct Thermal.

Terdapat beberapa poin penting yang digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan thermal printer yang akan digunakan.

  • Jenis usaha dan tujuan mencetak

Usaha property dengan tujuan mencetak struk pembeli bisa menggunakan mesin direct thermal. Sementara pengusaha food and beverage dengan tujuan mencetak expired date bisa menggunakan mesin thermal transfer

  • Umur simpan produk

Label pengiriman yang tidak memerlukan waktu simpan terlalu lama bisa menggunakan mesin direct thermal. Sementara kode pada kemasan obat dan snack menggunakan mesin thermal transfer karena bisa disimpan lebih dari 1 tahun

  • Media

Direct thermal hanya bisa menggunakan kertas sebagai media cetaknya. Sementara thermal transfer bisa menggunakan media yang lebih beragam seperti kertas, kaleng, plastik.

Itu tadi merupakan penjelasan singkat tentang jenis mesin therma yang banyak digunakan di dunia industri. Permintaan mesin thermal transfer terus meningkat seiring dengan kemajuan industri dalam negeri. Untuk memenuhi permintaan tersebut, SatuMesin hadir dengan berbagai jenis mesin Thermal Transfer untuk usaha anda.

Jika anda mengalami kendala dalam memilih thermal printer mana yang sesuai dengan usaha anda, jangan ragu untuk segera hubungi kami. SatuMesin menyediakan layanan konsultasi secara gratis. Kami dengan senang hati membantu menemukan solusi terbaik untuk anda.

Untuk informasi mesin lain yang kami jual, anda bisa mengunjungi katalog produk kami dan jangan lupa follow media sosial kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *