Ini Dia! Mesin Coding Otomatis Dengan Keunggulan Melimpah

Penggunaan mesin coding otomatis menjadi salah satu hal wajib untuk sektor industri manufaktur. Apalagi yang proses pencetakan kodenya secara masal dan bisa berlangsung selama beberapa jam. Misalnya seperti sektor industri tekstil dan fnb ( food and beverage ).

Jenis dan tipe mesin coding otomatis juga bermacam – macam. Mulai dari Mesin Thermal Transfer Overprinter yang banyak digunakan di kalangan industri food and beverage, Mesin Thermal InkJet dan Mesin Continous InkJet.

Namun, ada satu jenis mesin coding otomatis yang saat ini mulai populer di kalangan pelaku industri. Yaitu Mesin Laser Coding. Mesin Laser Coding adalah mesin coding otomatis bertipe non-contact. Artinya, kemasan produk tidak bersentuhan langsung dengan printhead dari mesin laser coding.

Kelebihan Mesin Coding Otomatis – Laser Coding

  • Hasil Permanen

Tidak seperti mesin coding lain yang memiliki shelflife pada produk, mesin coding otomatis ini memiliki hasil cetak yang permanen. Bahkan hanya terlihat sedikit buram dalam jangka waktu bertahun – tahun.

  • Bisa digunakan hampir di semua material

Mesin Laser Coding bisa digunakan untuk mencetak kode pada material kayu, metal, aluminium, dan plastik. Namun, mesin ini tidak disarankan digunakan pada media tipis seperti kertas.

  • Hasil cetak presisi

Printhead laser coding bisa mencapai 0,04mm sehingga menghasilkan cetakan yang tipis, detail dengan hasil presisi.

  • Proses cepat

Proses pencetakan dengan mesin laser coding bisa mencapai ≤ 8000mm/s.

  • Tidak bisa dipalsukan

Produk yang kode expired maupun kode batch dicetak menggunakan mesin laser coding tidak akan pernah dipalsukan. Selain karena hasil cetak asli tidak akan pernah hilang, proses untuk menghasilkan cetakan seperti yang dihasilkan oleh mesin laser coding akan sulit.

  • Hasil bersih dan ECO-friendly

Proses pencetaka dengan menggunakan mesin laser coding tidak menghasilkan limbah sehingga aman untuk lingkungan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mesin ini adalah non – contact coding machine, sehingga prosesnya lebih higienis dan minim terkontaminasi.

Itu tadi merupakan kelebihan dari mesin coding otomatis LASER. Jenis mesin coding otomatis ini terbagi menjadi 3 yaitu UV, FIBER dan CO2 LASER CODING. Simak penjelasan singkat tentang jenis mesin laser coding berikut ini :

  1. UV Laser Coding

Mesin Laser UV ini merupakan solusi serbaguna untuk berbagai industrI. Prinsip kerja mesin menggunakan mekanisme reaksi dalam pemrosesan laser ultraviolet yang sedemikian rupa. Menghasilkan titik pemfokusan sangat kecil dan zona yang terpengaruh oleh panas pada saat pemrosesan menjadi sangat minim. Sehingga pengkodean super halus dan rapi.

printlase uv - mesin coding otomatis
UV Laser Coding

Mesin UV Laser Coding banyak digunakan dalam industri Elektronik dan Otomotif seperti mencetak kode pada komponen kecil termasuk papan sirkuit dan wafer silicon. Bahkan juga banyak digunakan dalam pencetakan perangkat medis karena dianggap lebih higienis.

  1. Fiber Laser Coding

Mesin Fiber merupakan teknologi mesin coding yang terbaik karena fungsi dan strukturnya yang sangat ringkas. Sinar fiber laser dapat digunakan pada permukaan yang berbeda, termasuk permukaan logam dan beberapa non-logam. Pencetakan kode menggunakan mesin fiber bersifat permanen dan tidak akan hilang dalam waktu yang cukup lama.

printlase fiber
FIBER Laser Coding

Karena teknik yang menguntungkan itu, mesin coding ini banyak digunakan di berbagai industri seperti suku cadang mobil, komponen elektronik, peralatan hardware, bahkan barang untuk penggunaan sehari-hari.

  1. CO2 Laser Coding

Disebut juga Carbon Dioxide Laser Coding karena bahan utamanya berupa gas karbon dioksida yang bercampur dengan gas lainnya. Mesin Coding jenis CO2 ini cocok digunakan untuk proses cetak kode berkecepatan tinggi namun masih tetap mengutamakan hasil kode yang jelas dan rapi.

mesin printlase co2
CO2 Laser Coding

Mesin ini juga dibagi menjadi 2 jenis yaitu PL 8015C0 dan PL 8030CO. Pertimbangan yang paling penting adalah seberapa baik bahan atau media yang digunakan dalam menyerap sinar laser dari mesin coding ini. Karena jenis mesin coding yang digunakan memiliki panjang gelombang yang berbeda sehingga sudah tentu juga memiliki karakteristik penyerapan yang berbeda.

Itu tadi merupakan penjelasan singkat tentang jenis mesin laser coding. Penggunaan laser coding sangat sesuai untuk anda yang ingin meningkatkan efisiensi kerja dan kualitas namun tetap menjaga kondisi lingkungan.

SatuMesin hadir untuk memenuhi permintaan mesin industri dalam negeri. Kami menyediakan mesin dengan kualitas terbaik di pasarnya. Termasuk mesin coding otomatis LASER berbagai tipe.

Selain itu, SatuMesin juga menyediakan berbagai macam mesin coding otomatis seperti mesin Thermal Transfer Overprinter, Thermal Inkjet, Continuous Inkjet beserta consumablenya.

Apabila anda mengalami kendala pada saat menentukan mesin, jangan ragu untuk bertanya dan menghubungi kami. Kami menyediakan layanan konsultasi untuk membantu anda menemukan solusi terbaik bagi usaha anda. Jangan lupa follow sosial media kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *