Jangan Salah Arti, Ini Perbedaan kode EXP dan BB Pada Kemasan

Mengecek kode pada kemasan sudah menjadi hal yang lumrah bahkan wajib akhir – akhir ini. Bukan tanpa alasan, mengecek kode kemasan adalah salah satu langkah untuk memastikan produk yang akan kita gunakan memang layak dan aman. Terutama untuk produk yang berkaitan langsung dengan tubuh seperti produk makanan dan kosmetik.

Lalu, kode apa saja yang banyak tertera pada kemasan?

  • Kode EXP

Salah satu kode yang pasti dan sering kita jumpai pada kemasan adalah EXP yang merupakan singkatan dari Expired Date atau Tanggal Kadaluarsa. Yang artinya, apabila produk tersebut sudah terlewat tanggal yang telah ditetapkan, maka sangat dianjurkan untuk tidak menggunakannya lagi. Kode EXP berkaitan dengan masalah keamanan produk.

Contohnya : Tertera kode EXP pada kemasan produk kosmetik. Apabila kita masih menggunakan produk tersebut, maka besar kemungkinan kulit kita akan mengalami alergi atau iritasi karena produk tersebut sudah tidak layak pakai.

  • Kode Produksi

Sama seperti namanya, kode produksi menunjukan tanggal pembuatan ( manufactured date ) sebuah produk. Biasanya, tanggal yang tertera pada kode produksi berupa tanggal yang tepat, tidak kurang dan tidak lebih.

  • Tanggal Packing atau Pack Date

Selain kode produksi dan kode expired date, ada juga pack date atau dikenal dengan nama Julians Date. Kode ini biasanya ada pada produk telur. Julians date menunjukan tanggal packing dari produk telur tersebut. Uniknya, julians date tidak berformat DD-MM-YY namun hanya berupa format 3 angka yang menunjukan jumlah hari. Misalnya tertera Julians Date 365, berarti tanggal packing produk tersebut adalah tanggal 31 Desember.

  • Kode BB atau Best Before

Kode best before memiliki arti baik digunakan sebelum tanggal yang tertera. Produk yang sudah terlewat tanggal “best before”-nya masih bisa digunakan atau dikonsumsi. Hal ini dikarenakan best before berkaitan dengan kualitas produk.

Apabila sebuah produk sudah lewat masanya, maka akan terjadi penurunan kualitas. Misalnya seperti berubah warna, bentuk dan juga rasa.

Akan tetapi, jika anda ragu untuk menggunakan produk yang terlewat masa best beforenya, sangat disarankan untuk dibuang saja.

Dari kode – kode diatas, terdapat 2 kode yang mirip atau hampir sama yaitu Kode EXP dan Kode BB. Secara arti dan penggunaan, kode exp dan bb berbeda. Apa perbedaan dari kedua kode diatas ? Simak ringkasan dibawah ini :

Perbedaan Kode EXP dan Kode BB

  1. Produk – produk yang wajib dilabeli tanggal kadaluarsa

    Tanggal kedaluarsa berfungsi untuk  memberitahu konsumen batas akhir produk tersebut aman untuk dikonsumsi. Terutama untuk produk makanan sebaiknya tidak boleh dikonsumsi setelah tanggal tersebut. Ada lima jenis produk makanan yang wajib dilabeli dengan tanggal kadaluarsa. Jenis produk makanan ini adalah produk susu, suplemen gizi, makanan pengganti, makanan untuk diet rendah energi, dan diet cair yang diresepkan.

    Sementara untuk tanggal best before bisa ditemui pada makanan segar dan air kemasan mineral selama 90 hari atau kurang. Beberapa makanan masih mungkin dikonsumsi sesudah tanggal best before-nya.
  2. Best before menjamin kesegaran produk selama kemasan belum dibuka

    Makanan dengan label best before yang belum dibuka dan disimpan dengan tepat akan membantu produk untuk tetap bertahan kesegarannya. Hal ini juga akan membuat rasa dan nilai gizinya juga tetap terjaga. Meskipun rasanya sudah berubah, namun produk makanan dengan label best before aman untuk dikonsumsi selama kemasan belum dibuka.

    Tentu saja hal ini tidak akan berlaku ketika kemasan sudah dibuka. Maka dari itu, ketika kita membeli produk segar dengan label best before, sangat dianjurkan untuk segera mengkonsumsi sesegera mungkin.

    Kemasan yang belum dibuka tidak berlaku pada kode exp. Meskipun segel masih rapi, apabila sudah terlewat tanggalnya, produk tersebut tidak layak konsumsi.

Itu tadi merupakan perbedaan paling signifikan diantara kode exp dan BB. Kedua kode tersebut memiliki peran masing – masing yang harus tetap ada. Kualitas dari kode – kode tersebut juga harus diperhatikan. Kode yang tidak jelas, buram atau bahkan hilang sebelum waktunya akan merugikan konsumen dan pihak lainnya.

Maka dari itu, SatuMesin hadir dengan mesin pencetak kode exp dan kode lainnya. Mesin EXPIRED DATE kami terdiri dari beberapa macam dengan keunggulannya masing – masing. Mesin Thermal Transfer Overprinter atau TTO dengan keunggulan food grade – aman untuk produk makanan. Mesin Thermal InkJet yang memiliki stabilitas tinggi dan Mesin Continuous InkJet yang bisa mencetak hampir di semua media. Terutama media yang memiliki pori dan tidak rata.

mesin coding - mesin expired date
jenis mesin expired date SatuMesin

Kami juga menyediakan produk consumable untuk mesin expired date diatas. Mulai dari thermal ribbon untuk mesin manual coding hingga cairan tinta dan cairan pembersih mesin coding.

Jika anda mengalami kendala atau ingin berkonsultasi tentang mesin industri terutama mesin coding expired date. Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui WhatsApp atau Email yang tertera di halaman kontak kami. Dengan senang hati kami akan membantu anda menemukan solusi terbaik bagi anda. Jangan lupa follow media sosial kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *