Ink Cartridge : Solvent Based VS Water Based

ink cartridge

Ink Cartridge merupakan produk habis pakai yang digunakan oleh mesin coding jenis Thermal InkJet. Contohnya Prinjet 1s, Printjet 5 Series dan masih banyak yang lainnya. Produk habis pakai (consumable) ini terbagi menjadi 2 jenis. Yaitu Water Based Ink Cartridge dan Solvent Based Ink Cartridge.

Apa perbedaan dari keduanya? Mana yang lebih baik? Nah, berikut ini adalah penjelasan singkat dari Water Base dan Solvent Base Ink Cartridge.

Water Based Ink Cartridge

Merupakan tinta berbasis air, yaitu menggunakan bahan dasar air sebagai pelarutnya. Tinta yang terdiri dari pigmen dan resin diencerkan dengan air dan karenanya ramah lingkungan. Tinta tersebut digunakan untuk pencetakan kertas seperti koran atau karton. Hal ini sebagian besar umum di bidang kemasan karton atau media yang memiliki daya serap cukup tinggi.

Keuntungannya adalah hasil cetak dari water based lebih “lembut” atau tidak terasa ketika diraba. Selain itu, tinta ini juga sangat cocok untuk di aplikasikan pada percetakan dalam jumlah besar dan berkecepatan tinggi.

Namun, tinta berbasis juga memiliki kekurangan. Karena tinta berbahan dasar air sebagai pelarut, maka beberapa perawatan perlu dilakukan untuk mencegah tinta mengering pada headprint. Jika tinta dibiarkan dalam udara terbuka pada waktu yang cukup lama, maka akan menimbulkan penyumbatan pada headprint.

Tinta ini banyak digunakan dalam Industri untuk mencetak kode pada media kertas, karton, kayu dan media lain yang bisa menyerap air dan berpori.

Solvent Based Ink Cartrigde

Tinta ini memiliki formulasi khusus yang digunakan untuk mencetak kode pada media water repellent atau tidak bisa menyerap air. Contohnya media berbahan plastik, nylon, parasut, foil, dan masih banyak yang lainnya.

Namun begitu, solvent base memiliki durasi pengeringan yang cukup cepat untuk media – media tersebut. Saat ini, penggunaan solvent based dalam dunia industri lebih mendominasi dibandingkan dengan water based. Selain karena bisa digunakan hampir di semua media, cara perawatan pada printhead pun lebih mudah. Yaitu cukup seka dengan menggunakan kain no-serat untuk membuka sumbatan nozzle.

Itulah sedikit penjelasan tentang Water Base Ink dan Solvent Base Ink beserta dengan kelebihan dan kelemahannya. Mana yang lebih unggul? Tergantung dari jenis media yang digunakan. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih tinta yang bagus.

Jika anda mengalami kendala dalam memilih tinta cartridge untuk usaha anda. Segera hubungi kami untuk konsultasi secara gratis pada jam kerja. Kami akan membantu anda menemukan produk yang terbaik bagi anda. Untuk melihat mesin industri lain yang kami jual, anda bisa mengunjungi halaman katalog kami disini. Jangan lupa juga follow media sosial kami untuk informasi menarik lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *