Tampilan Kemasan Produk UKM, Bantu Tingkatkan Daya Saing

contoh kemasan produk
contoh kemasan produk

Kemasan produk seringkali dianggap sepele, bahkan tidak terlalu diperhatikan. Terutama bagi pelaku UKM yang fokus pada proses dan hasil produksi. Banyak produk UKM yang memiliki daya saing yang cukup tinggi namun packaging atau cara pengemasannya dibawah standar.

Padahal, tampilan kemasan produk merupakan hal pertama yang menjadi pertimbangan konsumen. Jenis kemasan pun ada bermacam – macam. Mulai dari jenis kemasan plastik yang paling banyak digunakan, hingga kemasan unik yang bisa dimakan dan ramah lingkungan. Seperti yang sedang booming akhir-akhir ini.

Selain menjadi pertimbangan pertama bagi para konsumen, berikut ini adalah fungsi dan manfaat kemasan.

Kemasan Melindungi Produk

Yang pertama adalah kemasan berfungsi untuk melindungi produk yang ada didalamnya. Artinya, jenis kemasan yang dipakai harus sesuai dengan produknya. Seperti penggunaan kemasan plastik atau aluminium foil untuk produk keripik agar produk lebih tahan lama dan tetap renyah.

Kemasan sebagai Identitas Produk

Setiap kemasan memiliki ciri khas tersendiri. Misalnya saja seperti logo, warna kemasan, dan sebagainya yang menjadi identitas suatu produk dan mudah dikenali masyarakat. Identitas produk menjadi salah satu fungsi kemasan yang penting untuk menarik minat pembeli.

Kemasan Mempermudah Mobilitas Produk

Dengan adanya kemasan, produk yang ada didalamnya semakin mudah dan aman untuk dipindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Terutama pada saat pendistribusian produk dari warehouse kepada konsumen. Penggunaan kemasan karton atau kardus akan mempermudah proses pendistribusian dan menjaga kualitas produk yang dibawa.

Kemasan Produk Sebagai Penyedia Informasi

Hal mendasar dan wajib tertera pada kemasan adalah informasi dari produk. Baik itu nilai gizi, komposisi, kode produksi maupun tanggal kadaluarsa (expired date). Hal ini pun juga sudah ditetapkan dan diatur dalam undang-undang Pangan.

Sayangnya, informasi ini seringkali tidak kita temui pada kemasan produk UKM. Pun jika ada, hanya berupa kode produksi dan expired date yang tampilannya tidak jelas atau buram.

Desain tampilan kemasan produk dan informasi yang tertera didalamnya juga menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian pemerintah. Diharapkan, para pelaku UKM dapat meningkatkan inovasi dan penggunaan teknologi untuk menciptakan kemasan produk yang memiliki daya saing tinggi.

Kualitas Informasi Pada Kemasan

Terkait dengan fungsi dan manfaat kemasan produk sebagai penyedia informasi, penggunaan mesin coding sangat diperlukan. Mesin coding atau biasa dikenal dengan mesin expired date akan membantu proses percetakan kode produksi dan tanggal kadaluarsa menjadi lebih efisien.

Penggunaan mesin expired date juga harus dibarengi dengan pengetahuan agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Penggunaan mesin pencetak tanggal dan kode produksi sangat tergantung dengan media yang digunakan dan tujuan dari percetakan.

printflex-710
mesin expired date continuous inkjet

Untuk penggunaan skala kecil, penggunaan mesin expired manual masih banyak digunakan. Namun, label yang dihasilkan juga memiliki keterbatasan dan hanya untuk penggunaan secara umum. Untuk produksi skala menengah hingga besar, penggunaan mesin expired date otomatis sangat dianjurkan.

Selain prosesnya yang bisa mencetak secara masal, hasil dari mesin otomatis lebih jelas dan bisa di klasifikasikan berdasarkan kebutuhan masing-masing. Misalnya saja, untuk produk yang membutuhkan storage atau penyimpanan dalam suhu ekstrim, penggunaan expired date manual tidak dianjurkan karena hasil label atau tanggalnya bisa terhapus atau rusak.

Untuk memenuhi kebutuhan mesin industri terutama mesin expired date, SatuMesin hadir dengan mesin – mesin yang memiliki kualitas tinggi, terutama untuk produk mesin expired date. Selain itu, harga yang kami tawarkan juga terjangkau untuk UKM dan industri skala besar.

Mesin expired date kami diantaranya adalah Mesin Thermal Transfer Overprinter atau TTO dengan keunggulan food grade – aman untuk produk makanan. Mesin Thermal InkJet yang memiliki stabilitas tinggi dan Mesin Continuous InkJet yang bisa mencetak hampir di semua media. Terutama media yang memiliki pori dan tidak rata.

Kami juga menyediakan produk consumable untuk mesin expired date diatas. Mulai dari thermal ribbon untuk mesin manual coding hingga cairan tinta dan cairan pembersih mesin coding.

Jika anda mengalami kendala atau ingin berkonsultasi tentang mesin industri terutama mesin coding expired date. Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui WhatsApp atau Email yang tertera di halaman kontak kami. Dengan senang hati kami akan membantu anda menemukan solusi terbaik bagi anda. Jangan lupa follow media sosial kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *