Mari Kenali 9 Penyebab Kerusakan Mesin Industri

bigstock 211960153
Pekerja yang memperbaiki baut mesin yang kendor | sumber : gesrepair.com


Perusahaan Industri yang menggunakan mesin sebagai tumpuan aktivitas produksi mereka sangatlah penting untuk tetap menjaga dari kerusakan mesin agar performanya tetap bisa memproduksi produk-produk mereka. Manfaat lain menjaga performa mesin adalah untuk meningkatkan produktivitas mesin agar bisa bekerja secara optimal.

Setiap jenis mesin industri memiliki spesifikasi dan fungsi dalam penggunaan, pengoperasian sampai pada proses perawatannya. Untuk menjaga kinerja mesin agar bisa beroperasi pada kondisi terbaiknya, banyak perusahaan industri memprioritaskan perawatan mesin mereka. Perbaikan dan perawatan secara teratur merupakan pondasi utama dalam mempertahankan produktivitas sebuah mesin demi menjaga kualitas sebuah produk.

Ketika terjadi kesalahan dalam memperbaiki atau pada proses merawat mesin, maka kerusakan mesin pun bisa terjadi. Hal ini menyebabkan terhambatnya produktivitas usaha industri.

Hal Penyebab Kerusakan Mesin

1. Human error

Faktor utama yang menjadi penyebab kerusakan mesin adalah kesalahan manusia. Teknisi atau orang yang mengoperasikan mesin harus mempunyai pengetahuan yang cukup dalam mengoperasikan dan merawat mesin tersebut. Jika mereka tidak memiliki cukup pengetahuan, makan kesalahan yang mengakibatkan mesin rusak pun bisa terjadi.

Kerena itu, untuk menghindari hal tersebut perlu dilakukannya pelatihan setiap kali ada pekerja baru maupun mesin baru.

2. Kotoran Pada Mesin

Hal sepele yang menjadi penyebab kerusakan mesin adalah adanya kotoran atau debu pada komponen mesin. Kotoran yang ada di dalam mesin menyebabkan mesin tidak bisa beroperasi dengan maksimal. Selain itu mesin yang terkontaminasi oleh kotoran bisa saja berada dalam keadaan forced deterioration, yaitu sebuah keadaan dimana mesin rusak karena penggunaan yang salah.

3. Kurang atau Berlebihnya Pelumas

Pelumas yang berlebihan atau justru kekurangan dapat membuat komponen mesin menjadi rusak. Maka dari itu, pada saat memberi pelumas atau lubrikasi kepada mesin maka harus diukur sesuai dengan kebutuhan mesin tersebut.

Harus dipastikan bahwa setiap bagian komponen mesin yang bergerak diberi pelumas yang cukup agar bisa bekerja dengan optimal. Pemberian pelumas yang berlebihan dapat menyebabkan komponen-komponen mesin tersebut tidak bisa bergerak dengan leluasa. Atau kurangnya pemberian pelumas bisa juga membuat mesin menjadi cepat aus.

4. Kelonggaran Baut yang dibiarkan

Jika terjadi kelonggaran pada baut dan hal tersebut terus dibiarkan tanpa dikencangkan, maka hal ini cukup berbahaya. Tidak hanya menyebabkan kerusakan mesin, namun juga bisa menyebabkan kecelakaan kerja. Setiap baut yang ada dalam komponen mesin saling bersinergi untuk memperkuat dengan bagian-bagian mesin yang lain.

Jika terjadi kelonggaran baut pada mesin, maka kerusakan tersebut lama kelamaan bisa menyebar. Hal tersebut membuat mesin menjadi rusak, sehingga membuat mesin berhenti bekerja. Akibatnya produktivitas dari mesin pun menjadi terganggu.

5. Keadaan Lingkungan Mesin

Lingkungan mesin tempat dimana mesin ditaruh bisa mempengaruhi juga. Kondisi lingkungan seperti kelembapan, tekanan udara juga bisa menjadi faktor penyebab kerusakan mesin. Hal seperti ini sering kali terlewat karena biasanya para pengusaha hanya berfokus pada dimana mesin akan ditaruh, tanpa memperhatikan kondisi lingkungan yang harusnya sesuai untuk mesin industri tersebut.

6. Tidak Menggunakan Cooling Unit

Cooling unit dapat meningkatkan produktivitas dari sebuah mesin industri. Mesin yang tidak menggunakan cooling unit biasanya akan mengalami down time lebih tinggi, dari pada yang menggunakannya.

Colling unit dalam sebuah mesin berfungsi untuk mengatur suhu yang ada di dalam mesin. Cooling unit ini akan mengeluarkan hawa panas yang ada didalam mesin sambil memasukkan udara dingin ke dalam mesin. Selain itu, cooling ini juga memberikan perlindungan mesin dari debu, asap, atau bahan kimia yang bisa merusak komponen mesin industri.

7. Usia Mesin Yang Sudah Tua

Setiap mesin pasti tidak ada yang awet umurnya dan bisa bertahan sangat lama. Pasti terdapat beberapa komponen mesin yang kinerjanya akan menurun. Maka dari itu, bertambahnya usia dari mesin yang bertambah pasti tidak bisa dihindari yang menyebabkan kinerja mesin menjadi terganggu bahkan sampai membuatnya rusak.

Setiap mesin pasti mempunyai usia maksimal penggunaannya. Jika sebuah mesin sudah melampaui penggunaannya, maka kinerja mesin tersebut akan menurun sampai tidak bisa digunakan sama sekali. Kalau sudah sampai pada titik ini, pilihan yang paling tepat adalah membeli mesin yang baru lagi.

8. Mengganti suku cadang yang tidak sesuai

Pergantian suku cadang pada mesin harus sesuai. Mesin pada umumnya akan mengalami kerusakan pada beberapa bagian yang membuatnya harus segera diganti dengan suku cadang yang baru. Menggunakan suku cadang yang tidak sesuai menjadi faktor penyebab kerusakan mesin yang sering ditemui.

Seringkli penggantian suku cadang ini tidak sesuai dengan petunjuk atau rekomendasi dari pabrik pembuat mesin tersebut. Maka dari itu, hasilnya adalah mesinnya tersebut akan cepat mengalami kerusakan.

9. Tidak rutin disesuaikannya aligment

Faktor yang menyebabkan mesin menjadi rusak adalah tidak dilakukannya aligment (penyelarasan) antara kedua sumbu mesin yang saling berputar secara rutin. Bagi sebuah mesin industri, penyelarasan tersebut sangat berguna untuk menghindari adanya gesekan dan getaran pada mesin. Jika tidak dilakukan penyelarasan secara rutin, maka hal tersebut membuat mesin menjadi cepat rusak, karena gesekan dan getaran tersebut.

Itulah beberapa faktor penyebab kerusakan mesin yang sering terjadi pada mesin industri. Maka dari itu, hindarilah penyebab-penyebab tersebut sehingga produktivitas usaha industri anda menjadi lancar.

Untuk memenuhi kebutuhan mesin industri anda, SatuMesin menyediakan berbagai jenis mesin seperti mesin packaging (carton sealer, mesin case packer , case erector ), mesin pallet (pallet handlingpalletizing robot), atau mesin coding printerPrintlase, dan mesin conveyor.

SatuMesin menyediakan berbagai macam mesin industri terbaik, dengan harga yang bersahabat, spare part yang lengkap dan juga bergaransi.

Jika anda masih bingung untuk menentukan jenis mesin industri untuk usaha anda, silakan hubungi layanan kami. Kami siap membantu anda. Untuk informasi produk lainnya, anda bisa mengunjungi halaman katalog kami dan jangan lupa follow sosial media kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *