Mengenal Lebih Jauh Mesin Belt Conveyor

3660702424 1a400ffc72 o
Belt Conveyor

Apakah anda pernah melihat rangkaian ban berjalan yang ada yang digunakan untuk memindahkan koper di bandara?. Nah, mesin yang digunakan tersebut dikenal dengan belt conveyor.

Penggunaan belt conveyor tidak hanya digunakan pada sector bandara saja, akan tetapi juga digunakan pada bidang industri baik packaging atau pengemasan, fabrikasi, maupun pertambangan. Berikut penjelasan secara mendalam mengenai mesin belt conveyor.

Definisi Belt Conveyor

Definisi dari belt conveyor adalah rangkaian dari ban berjalan yang digunakan untuk mengangkut dan memindahkan dari satu titik tempat menuju tempat yang lain. Jenis mesin ini digunakan untuk mengatur proses jalannya pendistribusian barang.

Materi belt atau sabuk yang digunakan untuk menopang benda diatasnya terbuat dari berbagai jenis bahan, antara lain karet, plastic, logam, dan lain-lain. Jenis bahan yang digunakan tergantung dari jenis dan sifat bahan yang diangkut. Misalnya pada penggunaan sabuk dari logam digunakan untuk bahan yang bersifat panas, dan sebagainya.

Belt atau sabuk yang digunakan untuk mengangkut berbagai material yang berupa “unit load” (benda yang bisa dihitung jumlahnya satu per satu, contoh : kotak box, kantong, dan lain-lain) atau “bulk material” (material dalam bentuk butira, contoh : pasir, semen, dan lain-lain) secara mendtar atau miring.

Cara Kerja

Pada dasarnya mesin conveyor jenis ini mempunyai prinsip kerja yaitu memindahkan material yang ada pada bagian atas belt tersebut. Pada bagian tersebut, ada sebuah umpan yang terletak pada sisi tail, kemudian diteruskan pada ujung material. Belt yang ada pada mesin ini digerakkan oleh motor gear box.

Pada bagian belt ini juga terdapat head pulley dan driver pulley yang mempunyai tugas untuk mengatur dan juga menarik belt karena terjadi gesekan antara drum dengan belt tersebut.

Komponen Belt Conveyor

Pada penjelasan diatas, mesin ini terdiri dari sebuah karet yang bergerak. Berikut 2 komponen pentingnya, antara lain:

  1. Drive System

Komponen yang ini merupakan bagian pengiring dari belt pada mesin conveyor. Bagian komponen ini menggunakan head pulley pergerakannya menggunakan motor listrik yang nanti akan diteruskan menuju ke bagian gear reducer. Penerusan tadi dilakukan dengan coupling yang kemudian diteruskan Kembali menuju bagian head pulley.

Pada bagian ini juga, dilengkapi dengan backstop atau hold back yang mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya kemunduran pada belt saat belt diberi muatan pada bagian atasnya. Terlebih lagi pada saat belt diberi muatan pada bagian atas dan diarahkan menuju arah yang menanjak.

Selain itu, komponen ini juga dilengkapi dengan belt cleaner yang berfungsi untuk membersihkan belt dari material-material yang menempel pada bagian belt.

2. Conveying Component

Bagian lain yang tak kalah penting adalah conveyer yang mana komponen utamanya adalah head pulley, takeup pulley, idler roller, dan rubber belt.

  • Bagian head pulley berfungsi untuk memberikan tarikan pada belt Ketika tail belt memutar balik belt.
  • Tak up pulley berfungsi untuk menjadi beban tetap yang bertugas untuk menjaga ketegangan agar tidak mengalami slip.
  • Bagian idler terdiri dari carry roller, return roller, dan training roller. Carry roller berguna untuk penahan meteri yang berpindah pada bagian atas. Sementara bagian return roller berguna untuk menahan belt yang nantinya Kembali dari bagian atas pulley. Lalu bagian training roller berguna untuk membuat belt tetap pada lintasannya.

Jenis-Jenis Belt Conveyor

Setiap jenis dari mesin belt conveyor mempunyai fungsinya masing-masing sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Setiap belt mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda. Berikut jenis-jenis mesin belt conveyor:

  • Roller Belt Conveyor

Penggunaan roller pada mesin ini ditentukan sesuai dengan keperluan yang akan digunakan. Spesifikasi roller yang akan digunakan pada roller belt conveyor seperti berat produk yang akan dipindahkan, kecepatan untuk memindahkan barang tersebut. Semakin jauh jarak yang dibutuhkan untuk melakukan perpindahan, maka semakin banyak pula roller yang digunakan.

Flat Belt Conveyor

Kata flat memiliki arti yaitu rata, sama dengan jenis belt yang ada pada jenis ini yaitu belt memiliki permukaan yang rata.

  • Modular Belt Conveyor

Untuk jenis ini, umumnya bahan belt terbuat dari plastic yang keras, tidak seperti belt pada umumnya yang terbuat dari karet. Belt pada mesin ini memiliki sekat-sekat untuk proses pemisahan produk.

  • Patterned Belt Conveyor

Jenis belt ini umunya memiliki design permukaan yang menonjol.

  • Curved Belt Conveyor

Jenis mesin ini mempunyai penyanggga yang tidak lurus, tidak seperti bentuk penyangga pada mesin belt umumnya. Curved belt ini memiliki penyanggga yang melengkung untuk proses pemindahan barang

  • Incline / Decline Belt Conveyor

Jenis mesin ini digunakan untuk memindahkan barang dari atas kebawah. Belt conveyor yang digunakan pada mesin jenis ini untuk mencegah produk agar tidak jatuh.

  • Sanitari Belt Conveyor

Belt yang digunakan pada jenis ini menggunakan pvc belt conveyor. Mesin jenis ini diperuntukan untuk industry yang mempunyai prioritas menjaga kebersihan lingkungan dan tetap steril.

Keuntungan Menggunakan Belt Conveyor

Mesin ini menawarkan berbagai keuntungan yang bisa dinikmati oleh penggunanya, antara lain:

  1. Meningkatkan Produktivitas, karena semua pekerja dapat focus pada bagian mereka masing-masing sehingga bisa mengefesiensi waktu.
  2. Berkurangnya kemungkinan pekerja mengalami cedera pada saat membawa barang-barang berat.
  3. Bisa memindahkan berbagai jenis barang dengan biaya yang terjangkau.
  4. Mencegah terjadinya berang yang tercecer karena pada bagian samping mesin ini sudah dipasangi dinding penghalang.
  5. Berkurangnya resiko kerusakan barang saat dipindahkan
  6. Kemudahan pemindahan produk dari satu rut eke rute yang lain
  7. Perawatan mesin yang mudah karena mesin ini mempunyai daya tahan yang lama.

Cara Merawat Mesinnya

Pentingnya merawat mesin belt ini karena memiliki peran yang sangat penting dalam proses pemindahan barang. Jika terjadi kerusakan, maka akan menghambat proses pemindahan dan produktivitas usaha anda.

Anda harus memastikan bahwa mesin belt conveyor ini pada saat beroprasi harus pada kondisi terbaik agar produktivitas pemindahan barang berjalan dengan lancar. Pastikan Belt bekerja pada kondisi yang prima dan sesuai dengan kapasitas produksi yang seharusnya.

Perawatan mesin ini bisa dimulai dengan pengecekan secara teratur, perhatikan juga pada bagian komponen-komponen belt secara berkala. Pastikan juga bagian spare part selalu ada. Agar pada saat terjadi kerusakan, proses pergantian komponennya bisa cepat.

KIta bisa menjaga usia dari mesin belt ini dengan cara memilih jenis mesin belt dengan tipe yang cocok sesuai dengan jenis pekerjaanya dan juga lakukan pengecekan preventive maintenance.

Selain itu memberikan pelatihan perawtan mesin pada orang-orang yang berada proses produksi dapat membantu proses perawatan. Jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan maka mereka langsung bisa melapor untuk dilakukan pengecekan.

Sebaiknya dihindari penggunaan dari mesin belt yang sudah bekas. Walaupun harganya menjadi lebih murah, tetapi jika menginginkan proses produksi secara maksimal, maka gunakanlah mesin yang masih baru.

Kesimpulan

Belt Conveyor merupakan rangkaian ban atau karet yang digunakan untuk menopang barang untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Mesin ini memiliki banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dan juga mepunyai banyak jenis, dan setiap jenisnya memiliki fungsi sesuai dengan kebutuhan anda.

Satumesin menyediakan berbagai macam jenis mesin belt conveyor. Seperti  Stainlees Steel Conveyor Belts dan Aluminium Conveyor Belts.

Jika anda masih bingung untuk memilik mesin jenis mana yang cocok untuk usaha anda, anda bisa konsultasikan bersama layanan kami. Kami siap membantu Anda. Untuk informasi mesin lainnya, silahkan kunjungi halaman katalog kami dan jangan lupa follow sosial media kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *