Mesin Coding Otomatis : Mengenal Lebih Dekat Si Laser Coding

Penggunaan mesin laser coding mulai dikenal dan banyak digunakan oleh industri dalam negeri. Akan tetapi, mayoritas adalah industri besar dan berskala nasional. Cara dan proses kerja mesin laser coding juga tidak banyak diketahui. Maka dari itu, kali ini kita akan membahas bagaimana proses dan langkah – langkah mesin laser coding untuk mencetak suatu kode.

Laser coding adalah proses penandaan bagian atau material dengan menggunakan teknologi laser. Sinar laser mengenai material, dan energinya menciptakan reaksi yang akan meninggalkan bekas permanen. Kecepatan, kekuatan, dan fokus sinar laser yang digunakan pada bagian tersebut akan menghasilkan proses laser yang berbeda. Anda dapat menandai menggunakan Laser Engraving, Laser Etching, Laser Annealing atau Laser Laser Ablation

Memilih teknologi dan konfigurasi laser yang tepat adalah kunci keberhasilan pengkodean material. Untuk menentukan apa yang Anda butuhkan, Anda harus terlebih dahulu menentukan persyaratan peng-aplikasian, misalnya seperti :

  • Jenis material, ukuran dan bentuk
  • waktu penandaan
  • proses produksi

1. Jenis Material Memiliki spektrum serapan

Panjang gelombang yang dipancarkan oleh sebagian besar sistem laser industri tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, sehingga sulit dibayangkan. Namun, bahan yang berbeda bereaksi secara berbeda terhadap panjang gelombang yang berbeda.

Setiap bahan memiliki komposisi unik yang menyerap panjang gelombang tertentu dan bukan yang lain. Karena laser menghasilkan satu panjang gelombang, mereka adalah alat yang sangat khusus untuk menandai bahan yang sangat spesifik. Bahan yang berbeda memiliki persyaratan laser yang berbeda.

Misalnya pada dua tipe mesin laser coding yang banyak digunakan, CO2 Laser Coding dan Fiber Laser Coding.

2. Panjang Gelombang pada Mesin Laser Coding

Berbagai jenis laser memancarkan panjang gelombang yang berbeda berdasarkan tipe mesin coding laser yang digunakan. Material yang akan ditandai akan menentukan jenis sistem penandaan laser yang dibutuhkan.

  • Fiber Laser Coding adalah yang terbaik untuk logam

Fiber Laser Coding kadang dianggap sebagai laser solid-state. Mereka memiliki sumber laser serat optik yang mengandung logam ytterbium. Kandungan ini menghasilkan sinar laser dengan panjang gelombang sekitar 1 mikrometer (1064 nm). Sebagian besar logam bereaksi dengan baik dengan penandaan yang dihasilkan oleh fiber laser.

printlase fiber
Fiber Laser Coding
  • CO2 Laser Coding adalah yang terbaik untuk menandai bahan organik

Sistem penandaan laser ini dapat menghasilkan sinar laser pada panjang gelombang yang berkisar dari 9 mikrometer hingga 10,2 mikrometer (9.000—12.000 nm). Kebanyakan senyawa organik bereaksi baik dengan panjang gelombang ini.

mesin printlase co2
CO2 Laser Coding

3. Hasil dari proses penandaan yang berbeda

Tujuan peng-aplikasian mesin coding akan menentukan proses penandaan laser yang dibutuhkan. Misalnya, membuat kode yang sangat tahan yang tidak dapat dihapus. Atau, butuh menyesuaikan proses penandaan dalam waktu tertentu. Untuk memilih proses laser, Anda harus memahami kebutuhan dan proses produksi Anda.

Contoh dari proses – proses penandaan atau pengkodean ini adalah :

  • Proses laser engraving digunakan untuk mendapatkan tanda yang tahan
  • Proses Laser Etching untuk penandaan berkecepatan tinggi dan kontras
  • Proses Laser annealing untuk melindungi material yang tidak boleh rusak
  • Proses Laser Ablation dapat digunakan untuk menandai dengan menghilangkan lapisan

Keunggulan Mesin Laser Coding

  • Hasil Permanen

Dengan penandaan laser, Anda dapat menandai secara langsung dan permanen pada bagian tersebut. Dan tidak seperti metode penandaan lainnya, proses penandaan dapat dilakukan di awal lini produksi.

Bahkan jika penandaan dilakukan sebelum perawatan seperti shotblasting dan e-coating, Anda tetap mempertahankan tanda berkualitas tinggi sepanjang masa pakai komponen. Anda tidak perlu khawatir tentang menjaga kualitas kode matriks data, kode batang, atau nomor seri alfanumerik.

  • Tidak ada bahan habis pakai (Consumable)

Tidak memiliki bahan habis pakai atau consumable menyederhanakan operasi penandaan, dan berkontribusi pada peningkatan kesehatan dan keselamatan di tempat kerja dengan mengganti teknologi yang menggunakan bahan kimia atau tinta. Menyingkirkan bahan habis pakai juga hemat biaya karena Anda mengurangi biaya operasi tahunan.

  • Hampir tidak membutuhkan perawatan

Mesin laser coding and marking tidak memiliki bagian yang bergerak, yang berarti bahwa komponennya cenderung tidak rusak. Dengan demikian, mesin laser membutuhkan perawatan yang lebih sedikit dan tidak terlalu boros dibandingkan dengan mesin yang diganti. Sumber laser mereka sangat andal, memiliki waktu rata-rata sebelum kegagalan 100.000 jam, yang dapat mewakili lebih dari 10 tahun operasi tergantung pada penggunaan sehari-hari.

Dalam hal ini, SatuMesin menyediakan mesin – mesin industri dengan kualitas terbaik di pasarnya. Kami berharap kedepannya dapat memenuhi kebutuhan mesin industri dalam negeri. Termasuk Mesin Laser Coding and Marking. Mesin Laser Coding kami terdiri dari 3 type yaitu CO2 Laser, Fiber Laser dan UV Laser. Apabila anda mengalami kendala dalam memutuskan mesin apa yang cocok untuk industri anda, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui WhatsApp atau Email yang tertera. Kami menyediakan layanan konsultasi untuk mesin yang kami jual. Jangan lupa follow sosial media kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *