Mesin Coding Printer – Pencetak Informasi Pada Kemasan

coding-printer-result

Pengertian Mesin Coding Printer?

Mesin Coding Printer adalah mesin pencetak informasi seperti teks, angka, logo maupun simbol pada kemasan produk. Merupakan salah satu mesin yang wajib dimiliki di dunia industri. Baik itu industri otomotif, makanan, kesehatan, pertanian, dan industri lainnya.

Mesin ini dikenal secara umum sebagai mesin marking, mesin coding, mesin cetak tanggal, mesin cetak kode kadaluarsa atau printing yang semuanya memiliki makna yang sama, yaitu mencetak atau menghasilkan informasi pada kemasan produk. Beberapa jenis mesin coding dapat digunakan di media plastik maupun kertas, bahkan pada media kayu dan metal.

Mengapa harus menggunakan mesin coding printer?

Apabila kita membeli sebuah produk, sudah tentu hal pertama yang kita lihat adalah informasi yang tercantum pada kemasannya. Jelas atau tidaknya informasi tersebut pasti akan mempengaruhi minat pembeli untuk membeli sebuah produk. Seperti tanggal kadaluarsa, dan lain sebagainya.

Disinilah peran penting dari mesin coding printer ini. Hasil dari proses pencetakan ini tergantung pada media dan jenis mesin apa yang digunakan. Mesin Coding dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan jenisnya. Berikut adalah penjelasan singkat tentang jenis-jenis  Mesin Coding Printer.

1. TTO (Thermal Transfer Overprinter)

Mesin TTO bisa dibilang merupakan mesin coding printer yang paling banyak dicari dan digunakan oleh pelaku industri. Dengan menggunakan teknologi pita karbon dengan hasil resolusi tinggi dan kecepatan yang tidak tertandingi. Cara kerja mesin TTO adalah melakukan pencetakan dengan menggunakan metode Hot Stamping Foil Printer. Yaitu prosedur pencetakan dengan cara meng”emboss” pada kemasan produk.

Pada kemasan produk yang tipis, terdapat kemungkinan terjadinya kebocoran kemasan pada kemasan produk. Akan tetapi, dengan menggunakan TTO ini, kebocoran pada kemasan produk dapat dicegah dengan baik meskipun pada kemasan produk yang tipis.

aIQk pZcW0 E m1DSzm1 ApZNdovzSywAJlpEI0 bCDqeRro47Kmo5pG c0jCdt JkavJ55Vm5wvrD7Z nmaQIyr9HBAeLkD1qr3AZVticdWhjdmtpUl6leqmOsMvEvymiSThjTU

Thermal Transfer Overprinter juga mudah dioperasikan. Selain itu, karena ukurannya yang kecil dapat memungkinkan untuk muat di semua space atau lokasi dan juga hanya membutuhkan daya yang kecil. Salah satu yang paling membuat kagum adalah tidak ada limbah cair yang dihasilkan oleh mesin Thermal Transfer Overprinter ini.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa anda temukan pada halaman keunggulan MESIN Thermal Transfer Overprinter.

2. Mesin Thermal InkJet

Mesin Ink Jet cocok untuk digunakan pada kemasan sekunder dan juga kotak kemasan luar karena pemasangan dan pengoperasiannya yang mudah dan memiliki hasil dengan resolusi tinggi. Mesin InkJet menggunakan sistem cartridge dan tidak memerlukan solvent yang terpisah.

Cara kerja Mesin Coding Printer jenis Thermal Inkjet ini menggunakan tinta yang sudah di set secara otomatis dan terprogram melalui sebuah software dan hardware. Sangat memudahkan dan menjadikan proses pencetakan menjadi lebih efisien.

T kVvaFm5ny41OekuqLZ1qtb7 Sj3aUZLGkajfTWNy6ujCoXZJ1uuADuj8gn081BLKQzby01ujMWcuL1nw5vIliTV mGhYteTmISbwJ8eR R4qpDUl4mpYIcvRHlOqXFdewO kmJ

Mesin ini juga bisa mencetak hampir untuk semua media. Karena mesin ini mudah diintegrasikan dalam jalur produksi otomatis atau mesin pengemasan, Mesin Ink Jet juga sangat laris dipasaran pelaku industri.

Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut pada halaman Mesin Thermal Ink Jet berikut ini.

3.  Mesin Continuous Ink Jet

Tipe Continuous Ink Jet masih menggunakan teknologi tinta dan cairan solvent dalam penggunaannya. Meskipun begitu, penggantian tinta dan solvent bisa dilakukan dengan mudah karena keduanya terletak pada lokasi yang terpisah.

Cara kerja mesin continuous Ink Jet terbilang cukup unik. Mesin Coding Printer tipe ini menggunakan getaran ultrasonik untuk memisahkan aliran tinta pekat menjadi tetesan tinta yang kecil pada saat keluar dari lubang nozzle. Tetesan-tetesan tinta kecil inilah yang nantinya dibentuk dan dicetak pada kemasan produk setelah melewati beberapa proses. Kemudian, sisa tinta yang tidak dicetak akan dimasukkan kembali ke wadah tinta untuk didaur ulang.

w3

Mesin tipe Continuous Ink Jet cocok digunakan untuk mencetak kode atau teks pada media yang tidak rata, baik itu kertas maupun plastik. Kecepatan coding dari mesin ini pun tidak kalah dengan mesin coding lainnya. Yang paling disukai oleh pelaku industri adalah, mesin ini memiliki biaya cetak yang rendah. Anda bisa menemukan informasi lebih lengkap tentang Continuous Ink Jet pada halaman berikut ini.

Mesin mana yang paling cocok untuk usaha?

Memilih jenis mesin coding printer merupakan suatu hal yang tidak mudah. Butuh pertimbangan secara detail terkait dengan jenis media, bentuk kemasan/produk, kondisi lokasi untuk proses coding, kecepatan mesin coding, informasi apa yang akan dicetak dan bagaimana hasil cetak tersebut diperlakukan. Hal – hal yang disebutkan diatas harus diperhitungkan dengan matang agar tidak salah dalam memilih mesin coding untuk usaha anda.

Satumesin.com menyediakan banyak produk mesin coding untuk usaha anda. Selain menjual produk mesin coding, kami juga menyediakan layanan konsultasi tentang produk mesin yang kami jual. Untuk menghindari kesalahan dalam pemilihan produk mesin coding yang tepat untuk usaha anda, silahkan hubungi kami melalui nomor dan email yang tertera pada halaman kontak yang kami sediakan. Untuk informasi mesin lainnya, silahkan kunjungi halaman katalog kami dan jangan lupa follow sosial media kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *