Mesin Palletizer : Cek Perbedaan Automatic VS Conventional

Penggunaan mesin palletizer atau palletizing tidak bisa dipisahkan dari aktivitas industri. Palet adalah komponen wajib yang biasa digunakan di warehouse atau gudang. Penggunaan palet berfungsi untuk mempermudah proses pemindahan, penyortiran hingga perhitungan barang.

Nah, penggunaan mesin palet atau palletizer akan membantu untuk mempercepat proses pemindahan barang pada pallet. Mesin palletizer dibagi menjadi 2 jenis, yaitu automatic palletizer dan conventional palletizer. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari kedua jenis palletizer.

Mesin Palletizer – Automatic Palletizer

robot palletizer

Palletizer ini disebut juga dengan robot palletizer. Hal ini dikarenakan penggunaan robot untuk melakukan pekerjaan secara otomatis. Robot palletizer dapat melakukan lebih dari satu pekerjaan dalam satu waktu, tergantung pada konfigurasi pallet yang digunakan.

Namun hal ini juga tergantung pada jenis produk dan barangnya. Terdapat salah satu robot palletizer yang dapat memproses hingga 40 barang per menit. Bahkan ada palletizer yang bisa membawa lebih dari 1000 bags per menit.

Setiap mesin selalu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk menggunakan mesin robot palletizer ini, dibutuhkan setidaknya operator yang terlatih dan ahli robotik untuk melakukan perawatan mesin.

Namun kelebihan dari mesin pallet ini adalah sangat flexible. Mesin ini didesain untuk bisa menangani berbagai jenis container dalam satu waktu. Bahkan, bisa di konfigurasi untuk bisa membedakan jenis-jenis container.

Kapasitas ruangan untuk mesin robot palletizer pun juga bisa disesuaikan. Tergantung dari seberapa banyak mesin pallet yang akan digunakan. Namun dengan kemampuannya yang serbaguna, kemungkinan besar tidak membutuhkan kapasitas ruang yang terlalu banyak.

2. Convetional Palletizer

mesin palletizer conventional

Penggunaan conventional palletizer dibagi menjadi 2 berdasarkan kecepatannya, yaitu low level dan high level palletizer. high level palletizer dikembangkan untuk memproses pekerjaan menjadi lebih cepat. Komponen dari conventional palletizer ini adalah :

  • Infeed conveyor
  • Case turner atau rotate conveyor (hanya digunakan ketika dibutuhkan)
  • Row forming conveyor with integrated pusher
  • Layer forming table with stripper plate and layer-squaring device
  • Elevator that lifts full layers of products
  • Pallet dispensers
  • Slip/Tier sheet dispensers
  • Full load pallet discharge conveyor

Penggunaan conventional palletizer tidak membutuhkan operator khusus atau ahli robotik dalam perawatannya. Akan tetapi, karena komponen mesinnya yang cukup banyak, perhatian terhadap mesin pun juga lebih banyak.

Pemrosesan oleh conventional palletizer juga terbilang cukup cepat. Contohnya beberapa mesin palletizer sudah dirancang sedemikian rupa sehingga bisa membawa setidaknya 10 hingga 40 box per menit. Bahkan ada yang bisa membawa hingga 200 box per menit.

Kapasitas ruangan yang diperlukan oleh conventional palletizer juga cukup banyak, selain itu karena ada komponen mesin yang tinggi, maka ketinggian ruangan pun juga harus di sesuaikan.

Saat ini, penggunaan automatic robot palletizer memang sedang menjadi primadona pada sektor industri. Hal ini karena . robot palletizer dinilai lebih minim resiko kecelakaan kerja dan kerusakan pada barang. Meskipun harga yang harus dibayarkan lebih mahal dari conventional, namun hal ini dirasa setimpal dengan manfaat yang didapatkan.

Meskipun begitu, penggunaan conventional palletizer di sektor industri juga tidak sedikit. Penggunaan high level palletizer diniai mampun untuk mengatasi mobilitas barang dengan skala besar. Selain itu, biaya perawatan yang murah dan mudah menjadi faktor utama mengapa mesin palletizer jenis ini banyak dipilih oleh para pemilik industri di Indonesia.

Itu tadi beberapa perbedaan antara automatic palletizer dan conventional palletizer. Meskipun setiap mesin memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, salah satu yang perlu diingat adalah pilih mesin palletizer yang sesuai dengan kebutuhan. Sama halnya dengan memilih mesin lainnya, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan seperti kecepatan, perawatan, fungsi, review dan juga harga.

SatuMesin juga menyediakan mesin palletizer untuk usaha anda. Baik itu conventional palletizer yang menggunakan convenyor maupun automatic palletizer secara custom. Apabila anda mengalami kendala dalam memutuskan menggunakan mesin palletizer yang mana, jangan ragu untuk segera hubungi kami. Kami menyediakan layanan konsultasi mesin untuk membantu menemukan solusi terbaik bagi anda.

Untuk melihat mesin industri lainnya, anda bisa mengunjungi halaman katalog produk kami disini atau follow media sosial kami untuk info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *