Mesin Pengemas Otomatis Untuk Industri

mesin-pengemas-otomatis

Mesin pengemas atau biasa disebut packaging machinery adalah rangkaian dari beberapa mesin yang terdiri dari proses pengisian produk, penyegelan produk hingan proses pelabelan. Semua mesin tersebut dapat digunakan secara bersamaan maupun secara stand-alone. Berikut ini adalah penjelasan secara lengkap tentang rangkaian mesin pengemas otomatis yang biasa digunakan dalam industri.

1. Mesin Filling

Mesin filling atau mesin pengisi produk adalah mesin yang digunakan untuk mengisikan produk hasil produksi kedalam kemasan. Mesin filling terbagi menjadi beberapa jenis tergantung dari jenis produknya seperti mesin filling untuk produk cair, tepung, pasta hingga biji-bijian.

2. Mesin Pelabelan dalam Mesin Pengemas Otomatis

Sebelum digunakan, kemasan biasanya diberi label terlebih dahulu. Seperti dicantumkannya informasi nilai gizi, bahan, kode produksi hingga tanggal kadaluarsa. Mesin pelabelan disebut juga coding printer dan terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya :

  • Mesin TTO

Mesin Thermal Transfer Overprinter disebut juga dengan mesin TTO. Mesin tipe ini bisa digunakan untuk pelabelan dengan media yang sempit atau kecil. Kelebihan lain dari mesin ini adalah tidak menghasilkan limbah cair di akhir penggunaannya. Mesin TTO juga merupakan mesin label yang pemakaiannya tidak membutuhkan terlalu banyak biaya.

  • Mesin Thermal Ink Jet

Mesin Thermal InkJet juga bisa digunakan hampir untuk semua media. Mesin ini masih menggunakan tinta dengan memanfaatkan listrik untuk memanaskan tinta tersebut untuk kemudian diterapkan ke media. Mesin ini memiliki kecepatan yang tinggi dalam pencetakannya dan biaya yang dipakai juga cukup rendah.

  • Mesin Continuous Ink Jet

Mesin ini tidak dapat dipisahkan dari rangkaian pengemas otomatis. Mesin pelipat kardus atau dikenal dengan mesin case packer sangat memudahkan dan menghemat proses pengemasan. Meskipun pekerjaannya bisa dibilang sederhana dan mudah, namun jika dilakukan secara manual tentu akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

3.Mesin Pelipat Kardus atau Case Erector

Mesin ini tidak dapat dipisahkan dari rangkaian pengemas otomatis. Mesin pelipat kardus atau dikenal dengan mesin case erector sangat memudahkan dan menghemat proses pengemasan. Meskipun pekerjaannya bisa dibilang sederhana dan mudah, namun jika dilakukan secara manual tentu akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

Carton-Sealer GPK40D

4. Mesin Pengemas Produk atau Case Packer

Produk-produk yang sudah selesai produksi akan dimasukkan kedalam karton untuk kemudian di distribusikan kepada pelanggan. Proses memasukkan produk ke dalam kardus inilah yang menjadi tanggung jawab mesin case packer. Mesin ini terdiri dari beberapa tipe tergantung dari jenis produknya. Misalnya, mesin case packer untuk produk botol sudah pasti berbeda dengan mesin untuk jenis pouch. Untuk informasi lebih lanjut tentang tipe dari mesin case packer, anda bisa melihatnya pada halaman katalog kami.

5. Mesin Penyegel Kardus atau carton sealer

Mesin penyegel kardus atau carton sealer biasanya digabungkan dengan mesin case packer. Karena kedua hal ini sangat dekat keterkaitannya. Mesin penyegel kardus memiliki peran cukup besar dalam rangkaian mesin pengemas otomatis. Proses penyegelan kardus merupakan proses yang mudah. Hanya saja, karena biasanya sudah berisi produk-produk yang siap edar, maka diperlukan kehati-hatian agar produk tidak rusak. Mesin ini sangat membantu karena hanya butuh satu operator untuk menyegel banyak kardus. Untuk mesin carton sealer ini, kami menyediakan beberapa jenis untuk anda.

Mesin semi otomatis berarti masih membutuhkan tenaga manusia dalam proses penyegelannya. Dalam hal ini, tenaga manusia masih dibutuhkan untuk proses pelipatan bagian atas kardus, mengatur tinggi penyegel dan menyesuaikan dimensi kardus. Meskipun tenaga manusia masih dibutuhkan, tidak berarti mesin ini butuh waktu lama untuk proses penyegelan. Mesin semi otomatis ini bisa menghasilkan 10 – 20 kardus per menitnya. Tergantung dari kecepatan operator.

Mesin ini bisa dibilang tidak membutuhkan tenaga manusia untuk proses penyegelannya. Namun tentu saja masih butuh operator mesin. Mesin fully automatic ini bisa mengambil alih proses pelipatan bagian atas kardus hingga penyesuaian dimensi otomatis. Mesin Carton Sealer tipe fully automatic jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan mesin semi otomatis.

Itulah penjelasan singkat terkait dengan mesin-mesin yang biasa digunakan dalam rangkaian mesin pengemas otomatis atau Automation Packaging Machinery. Penggunaan mesin pengemas otomatis memang sangat menghemat waktu dan tenaga. Namun, hal tersebut juga harus disesuaikan dengan volume produksi dan jenis usaha yang dimiliki. Tidak semua mesin harus digunakan dalam mesin pengemasan otomatis.

Untuk itu, apabila anda berminat untuk menggunakan mesin pengemas otomatis untuk usaha anda, kami menyediakan beberapa produk tersebut. Kami juga melayani konsultasi untuk membantu anda menemukan mesin pengemas terbaik yang sesuai untuk anda. Untuk melihat produk kami, anda bisa mengunjungi halaman katalog kami dan hubungi kami jika ingin konsultasi. Untuk informasi mesin lainnya, silahkan kunjungi halaman katalog kami dan jangan lupa follow sosial media kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *