Otomasi Industri – Pengertian, Jenis, dan Keunggulannya

otomasi industri
Otomasi Industri

Pada saat ini, persaingan bisnis antar pengusaha semakin berkembang pesat. Hal ini mengharuskan setiap pengusaha memikirkan cara untuk menyediakan produk yang unggul dan berkualitas, namun dengan biaya yang terjangkau. Solusi yang bisa diterapkan pada laju produksi untuk mengatasi hal ini salah satunya dengan menggunakan Teknologi Otomasi Industri atau bisa dikenal dengan Industrial Automation.

Apa itu Otomasi Industri?

Otomasi Industri atau Industrial Automation merupakan sebuah sistem teknologi yang digunakan untuk mengontrol atau mengatur jalannya mesin atau alur produksi secara terkomputerisasi dan terus berulang.

Penerapan mesin Otomasi industri ini memiliki tujuan utama yaitu untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya produksi. Sistem ini bisa mengurangi pekerjaan manusia pada proses produksi pada sebuah industri. Selain tujuan diatas, penggunaan mesin ini memiliki tujuan lain yaitu untuk meningkatkan kualitas dan fleksibilitas dalam proses produksi.

Dengan kata lain, dengan menggunakan mesin otomasi industri, kita bisa meningkatkan kualitas dari produk, dan sistem produksi. Selain itu, kita bisa juga menghemat biaya produksi, desain, dan sebagainya.

Jenis Jenis Mesin Otomasi Industri

Pembagian mesin otomasi industri ada 3 tipe, yaitu otomasi tetap (fixed automation), Otomasi yang bisa diprogram (programmable automation), dan otomasi fleksibel (flexible automation).

Otomasi Tetap (Fixed Automation)

Penggunaan mesin otomasi tetap ini biasanya dengan mesin yang diatur dengan serangkaian operasi atau tugas tetap (jarang ada perubahan). Sistem ini biasanya diterapkan pada proses sistem produksi secara terus-menerus seperti conveyor atau sistem produksi massal.

Otomasi yang Bisa Diprogram (Programmable Automation)

Pengaturan yang dilakukan pada mesin ini dilakukan dengan mengkonfigurasikan sistem operasi mesin yang dapat diubah sewaktu-waktu dengan alat pengendali. Proses pemrograman mesin ini membutuhkan waktu dan tenaga untuk mengatur mesin sedemikian rupa sehingga mesin bisa diatur sesuai kebutuhan.

Penggunaan mesin ini biasanya diterapkan pada sistem produksi batch. Contoh mesinnya adalah Mesin Auto Screwing.

Otomasi Fleksibel (Flexible Automation)

Pada dasarnya mesin ini merupakan pengembangan dari mesin programmable automation. Sistem mesin otomasi fleksibel ini biasanya dikendalikan oleh komputer dan diterapkan pada sistem produksi barang yang sering berubah-ubah. Contohnya penerapan mesin ini adalah pada mesin CNC.

Keunggulan dan Kelemahan Penggunaan Mesin Otomasi Industri

Penerapan setiap teknologi yang ada pada dunia industri pasti memiliki keunggulan maupun kelemahan. Berikut beberapa keunggulan dan kelemahan penerapan mesin otomasi industri.

Keunggulan

  • Menghemat waktu produksi

Penggunaan mesin otomasi akan menghemat waktu produksi, karena mesin bekerja lebih cepat dari manusia. Jadi proses produksi akan lebih cepat selesai.

  • Meningkatnya Akurasi dan Pengulangan

Mesin otomasi dapat diprogram untuk melakukan tugas produksi secara berulang, dan juga dengan tingkat keakurasian yang tinggi (kesalahannya sedikit).

  • Kesalahan pada sistem produksi berkurang

Tingkat kesalahan yang dilakukan oleh mesin ini relatif lebih rendah, jika dibandingkan dengan pekerjaan menusia.

  • Mengurangi biaya untuk pekerja

Dengan menambahkan mesin ini pada proses produksi, berarti pekerja yang diperlukan juga semakin sedikit. Hal ini bisa menghemat pengeluaran biaya untuk gaji, tunjangan, dan lain-lain untuk para pekerja.

  • Keamanan semakin terjamin

Lingkungan kerja menjadi lebih aman, karena pekerjaan yang rentan dan cukup berbahaya jika dilakukan oleh manusia bisa diatasi oleh mesin ini.

  • Meningkatkan jumlah produksi

Jumlah produksi akan meningkat karena proses produksi dengan menggunakan mesin pekerjaannya akan lebih cepat dan bisa disesuaikan dengan terget yang diinginkan.

Kelemahan

  • Meningkatnya Polusi

Beberapa jenis mesin beroperasi dengan motor yang memerlukan “bahan bakar” untuk bekerja. Sehingga hal ini bisa mengakibatkan polusi pada lingkungan kerja

  • Biaya investasi awal cukup besar

Mesin otomasi menjadi salah satu hal yang membutuhkan banyak biaya untuk memulai sebuah usaha. Mesin ini harganya bisa puluhan, ratusan, bahkan miliaran tergantung dari jenis mesin otomasi yang akan digunakan.

  • Kurang Fleksibel

Mesin hanya bisa melakukan beberapa tugas tertentu, sehingga beberapa tugas lain hanya bisa dilakukan oleh tugas manusia.

Kesimpulan

Mesin otomasi industri merupakan sistem kontrol menggantikan peran manusia dalam industri. Dalam artian banyak tahap dalam proses produksi yang tidak lagi dilakukan oleh manusia. Sistem Otomasi industri sangat beragam jenisnya sesuai dengan kebutuhannya dari setiap jenis industri tersebut.

Satumesin menyediakan berbagai jenis mesin mesin otomasi, mulai dari mesin mesin carton sealer, case packer, pallet handling, palletizing robot, mesin coding printer, case erector, printlase, dan conveyor. Kami selalu berusaha menyediakan produk mesin terbaik kami, dengan harga yang bersabahat, spare part yang lengkap, dan juga bergaransi. 

Jika anda bingung memilih jenis mesin otomasi untuk usaha anda, silakan hubungi layanan kami. Kami dengan senang hati siap membantu anda. Untuk informasi mesin lainnya, silahkan kunjungi halaman katalog kami dan jangan lupa follow sosial media kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *