Dorong Penerapan Industri 4.0 Pada Sektor Makanan, Apa Saja Mesinnya?

Industry 4.0 banner with robotic arm. Smart industrial numericIndustri 4.0 pada industri makanan atau dikenal dengan nama Food Industrial merupakah salah satu prioritas pemerintah untuk diterapkan dan di eksekusi. Selain industri makanan, terdapat 7 sektor industri lainnya yang menerima percepatan penerapan industri 4.0. Penerapan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan investasi di sektor-sektor tersebut sehingga dapat menyerap tenaga kerja.

Sektor Industri Makanan dan Minuman dipilih karena sektor ini memiliki catatan perkembangan yang bagus. Tercatat selama periode 2015-2019 tumbuh sekitar 8.16 persen dan mampu bertambah sekitar 1.58 persen lagi ditengah pandemi tahun 2020. Peran Industri Makanan dan Minuman juga memiliki kontribusi besar untuk ekspor industri pengolahan non-migas.

Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup pemanfaatan teknologi Internet of Things, Big Data, Cloud Computing, Artificial Intellegence, Mobility, Virtual dan Augmented Reality, sistem sensor dan otomasi, serta Virtual Branding. Industri 4.0 menghasilkan “pabrik cerdas”. Lalu, pada proses apa saja yang bisa menerapkan industri 4.0?

1. Industri 4.0 Pada Processing Line

Processing line terdiri dari beberapa mesin mulai dari proses pengolahan bahan baku hingga pada proses pengemasan produk. Beberapa perusahaan besar yang ada di Indonesia sudah menerapkan Industri 4.0 pada processing line sehingga prosesnya hampir tidak tersentuh oleh tenaga manusia.

Apakah mesin-mesin stand alone yang biasa digunakan saat ini bisa masuk kedalam sistem untuk Industri 4.0? Mesin stand-alone biasanya memang digunakan secara terpisah, namun dapat juga di integrasikan dengan mesin-mesin lain. Umumnya, mesin otomatis atau automasi untuk Industri 4.0 dibuat secara custom sesuai dengan permintaan dari pelaku industri. Mesin-mesin untuk sektor Makanan dan Minuman pada umumnya terdiri dari :

a. Mesin Filling

Setelah proses produksi bahan mentah menjadi bahan jadi dan siap konsumsi, proses berikutnya adalah mengemas produk. Ada mesin pengemas pouch, mesin pengemas botol atau mesin pengemas yang menggunakan kaleng.
Mesin Filling bisa digunakan secara terpisah maupun di integrasikan dengan mesin-mesin lain yang di setting secara otomatis.

b. Mesin Pengemas Produk

Mesin ini digunakan untuk memasukkan produk yang sudah jadi dan siap edar kedalam karton. Kebanyakan mesin case packer beroperasi secara otomatis dan di setting melalui computer sehingga bisa di integrasikan dengan mesin-mesin lainnya.
Mesin case packer terdiri dari berbagai macam tergantung dari kebutuhan dan jenis kemasan produk yang digunakan.
Mesin Pengemas untuk botol tidak sama dengan mesin pengemas untuk snack atau pouch.
Contoh dari mesin case packer adalah drop type bottle packer yang biasa digunakan untuk pengepakan produk botol dengan cara drop ke dalam karton yang sudah disediakan.

Terdapat mesin case packer yang memiliki fitur melipat karton sehingga tidak memerlukan mesin pelipat karton lagi untuk di integrasikan. Akan tetapi, mesin ini hanya bisa digunakan untuk mengepak kemasan jenis botol dan kaleng saja.

c. Mesin Lakban Karton atau Carton Sealer

Mesin Carton sealer terdiri dari 2 jenis yaitu semi otomatis dan fully otomatis. Jenis yang bisa di integrasikan dengan mesin-mesin lainnya hanya yang fully otomatis. Dengan fiturnya yang dapat membaca dimensi karton, mesin ini dapat digunakan tanpa menguras banyak tenaga manusia. Selain itu, mesin carton sealer fully otomatis juga memiliki auto folding sehingga karton yang sudah diisi produk bisa langsung masuk ke dalam mesin.

2. Distribution Line

Proses distribusi secara otomatis juga bisa dikategorikan dalam industry 4.0. Perusahaan yang telah menggunakan Industri 4.0 untuk proses distribusinya adalah Unilever, bahkan ini juga diterapkan sampai pada warehouse nya.

Untuk peralatan yang biasa digunakan pada warehouse atau pergudangan. Banyak pelaku industri yang menggunakan mesin dibawah ini, meskipun belum menerapkan Industri 4.0 pada prosesnya.

  1. Robot Palletizing (opsional)
    Mesin ini biasa digunakan untuk warehouse atau gudang. Fungsinya adalah untuk mengangkat atau mengambil produk-produk yang sudah dikemas dan diletakkan diatas pallet yang sudah disediakan. Mesin ini masuk pada rangkaian Automatic Pallet Handling.
  2. Automatic Pallet Handling (Opsional)
    Automatic Pallet Handling merupakan rangkaian dari beberapa mesin yang dijalankan oleh sistem dan computer. Sama seperti Robot Palletizing, rangkaian ini juga banyak digunakan untuk warehouse atau gudang. Fungsinya tentu saja untuk memudahkan proses pemindahan barang sehingga waktu dan tenaga yang digunakan lebih efisien.
    Contoh dari mesin-mesin pallet handling adalah Conveyor, Rotator Conveyor, Lift Conveyor dan masih banyak lagi.

Itu tadi merupakan penjelasan singkat tentang industri 4.0 di sektor industri Makanan dan Minuman dan mesin-mesin yang bisa digunakan untuk di integrasikan ke dalam sistem produksi. Dengan didorongnya penerapan industri 4.0 di Indonesia, sektor industrial di Indonesia diharapkan semakin maju, berkembang dan tidak tertinggal dengan industri negara lain. Selain itu, apabila sektor industrial di Indonesia semakin maju, tidak menutup kemungkinan investor juga lebih tertarik untuk masuk ke Indonesia dan perekonomian masyarakatpun dapat naik dengan banyaknya lapangan pekerjaan yang ada.

Dalam hal ini, pada supplier dan distributor mesin industrial pun turut serta. Dengan banyaknya distributor mesin yang memiliki kualitas mesin unggul, maka semakin mudah para pelaku industri untuk menjangkau mesin yang mereka butuhkan untuk proses produksi mereka
SatuMesin merupakan salah satu distributor mesin industri dengan kualitas unggul dengan harga yang bersaing. Hubungi Customer Service kami untuk bertanya tentang mesin industrial yang kami sediakan. Untuk informasi mesin lainnya, silahkan kunjungi halaman katalog kami dan jangan lupa follow sosial media kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *