Perkembangan Industri Manufaktur Ditengah Tekanan Pandemi

Perkembangan Industri manufaktur di Indonesia menunjukan tren perbaikan sejak kuartal IV 2020 dan terus meningkat hingga di tahun 2021. Sektor yang naik pada kuartal I 2021 yaitu Industri kimia, farmasi dan obat tradisional. Diikuti oleh industri logam, furniture, karet, perlengkapan rumah tangga dan juga industri mesin.

Industri manufaktur tercatat telah memberikan kontribusi terbesar atas pertumbuhan kenaikan ekonomi Indonesia yang mencapai 7.07% pada triwulan II di tahun 2021. Hal ini membuktikan industri manufaktur dapat bertahan dan bertumbuh meski di tengah tekanan pandemi.

Industri Indonesia pada periode ini mencatatkan pertumbuhan sebesar 6.91%. Sejumlah subsektor juga mengalami pertumbuhan pesat, di antaranya adalah industri alat angkutan sebesar 45,70%, diikuti industri logam dasar 18,03%, industri mesin dan perlengkapan 16,35%, industri karet barang dari karet dan plastik 11,72%, serta industri kimia, farmasi dan obat tradisional sebesar 9,15%.

Geliat sektor industri juga berdampak positif terhadap peningkatan investasi. Pada Januari hingga Juni 2021, investasi di industri manufaktur tercatat sebesar Rp167,1 triliun atau naik 28,94% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Nilai investasi terbesar diberikan oleh industri logam dasar sebesar Rp56,4 triliun, industri makanan dan minuman sebesar Rp35,8 triliun, industri kimia farmasi dan obat tradisional Rp16 triliun, alat angkutan Rp14,7 triliun, serta industri kertas dan barang dari kertas, percetakan dan reproduksi media rekaman sebesar Rp8,9 triliun.

Hal ini juga tidak lepas dari kebijakan – kebijakan yang diberikan oleh pemerintah melalui kemenperin. Kebijakan yang diambil salah satunya adalah pemberian Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri ( IOMKI ) yang sudah di implementasikan sejak awal pandemi di tahun 2020 hingga saat ini.

Dengan adanya kebijakan ini, para pelaku industri manufaktur tetap bisa menjalankan kegiatan industri dengan mengutamakan protocol kesehatan. Tentu saja aturan ini sangat bermanfaat dan sangat membantu para pelaku industri.

Kebijakan lainnya adalah implementasi Kebijakan Harga Gas untuk Industri USD6/MMbtu. Kebijakan ini terbukti mampu meningkatkan utilisasi industri, mempertahankan tenaga kerja, dan diperkirakan akan mampu meningkatkan investasi hingga Rp192 Triliun. Saat ini baru tujuh sektor yang bisa menikmati kebijakan ini, sementara itu Kemenperin sudah melakukan pembicaraan dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral agar bisa diperluas untuk 13 industri lainnya. “Pada dasarnya kami ingin semua industri bisa memperoleh fasilitas ini karena sangat membantu peningkatan daya saing dan utilisasi industri,” ujar Menperin.

Untuk meningkatkan daya saing produk dalam negeri, Kemenperin juga mendorong kebijakan Program Peningkatan Penguatan Produk Dalam Negeri (P3DN). Kebijakan ini sejalan dengan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk mendorong penguatan industri dalam negeri. Selanjutnya, kebijakan subtitusi impor 35% pada tahun 2022 yang bertujuan menurunkan impor pada industri dengan nilai impor besar, simultan dengan peningkatan utilisasi produski seluruh sektor industri pengolahan. Substitusi impor juga menyasar peningkatan investasi industri, baik investasi baru maupun perluasan, untuk produk bahan baku dan penolong, serta barang modal.

Peran Distributor Mesin Pada Perkembangan Industri Manufaktur

Sebagai salah satu Distributor Mesin Industri, SatuMesin berperan untuk menyediakan mesin – mesin terbaik yang digunakan dalam kegiatan industri. Baik itu pada proses produksi maupun distribusi yang melibatkan warehouse. Kami menyediakan mesin industri yang bisa digunakan di berbagai sektor industri.

Mesin yang kami sediakan adalah Mesin Cartoning, Mesin Packaging, Mesin Coding atau Expired Date, Mesin Palletizing, Belt Conveyor hingga pada produk Habis Pakai untuk Mesin Coding.

cara memilih carton sealer
Contoh Mesin Carton Sealer SatuMesin

Selain itu, kami juga menyediakan mesin otomasi untuk mendukung percepatan industri 4.0 di Indonesia. Mesin Otomasi bisa dipesan secara custom berdasarkan dengan kebutuhan masing – masing pelaku industri sehingga lebih tepat guna dan efisien.

Untuk melihat produk mesin kami, anda bisa mengunjungi halaman katalog produk kami. Apabila terdapat kendala atau ingin berkonsultasi terkait dengan mesin industrial, silahkan hubungi kami melalui WhatsApp atau Email yang tertera di halaman kontak kami.

Kami menyediakan layanan konsultasi mesin secara gratis selama jam kerja. Kami dengan senang hati membantu anda menemukan solusi terbaik untuk mesin industrial anda.

Jangan lupa follow sosial media kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *