Preventive Maintenance – Pengertian, Jenis, Dan Manfaatnya

perawatan preventive
Preventive Maintence

Pemeliharaan mesin merupakan alah satu hal yang penting untuk menunjang aktivitas produksi dalam sebuah usaha industri. Karena kerusakan mesin bisa saja terjadi secara tiba-tiba pada komponen mesin. Terdapat berbagai macam jenis perawatan untuk mesin, namun salah satu jenis perawatan mesin yang terkenal adalah preventive maintenance.

Dengan adanya preventive maintenance, diharapkan mesin tidak akan mengalami kerusakan yang tidak perlu sehingga produktivitas usaha industri bisa terus berjalan. Lancarnya proses produksi tidak hanya memberikan dampak positif bagi produsen, namun konsumen juga akan merasakan manfaatnya.

Apa itu Preventive Maintenance?

Preventive maintenance merupakan sebuah sistem pemeliharaan mesin yang dilakukan secara terjadwal, terstruktur, dimana pemeliharaan ini mempunyai tujuan untuk mencegah adanya kerusakan-kerusakan yang tidak terduga atau kerusakan yang dapat mengganggu proses produksi sebuah barang.

Preventive maintenance ini dilakukan sebelum mesin mengalami kerusakan. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa bagian-bagian komponen mesin bisa bekerja dengan baik dan dalam kondisi normal.

Karena jika terjadi kerusakan pada mesin dapat membahayakan para pekerja, memperlambat proses produksi barang, dan menyebabkan terbuangnya waktu dan biaya. Maka dari itu, penting sekali untuk menerapkan preventive maintenance agar kinerja mesin bisa dipertahankan dan masalah yang ada pada mesin bisa diatasi sebelum kerusakan tersebut berkembang jauh.

Jenis-jenis Preventive Maintenance

Preventive Maintenance Terbagi menjadi dua, antara lain:

Periodic Maintenance

Periodic Maintenance yaitu perawatan mesin yang dilakukan secara berkala dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu tersebut bisa mingguan, bulanan, sampai tahunan.

Contoh perawatannya antara lain membersihkan peralatan atau komponen mesin, dan memberinya pelumas.

Predictive Maintenance

Routine Maintenance adalah perawatan mesin yang dilakukan dengan memperkirakan hal apa saja yang bisa merusak mesin sebelum mesin tersebut mengalami kerusakan. Sistem perawatan jenis ini memperkirakan kapan saatnya mesin akan rusak dengan cara mengamati kinerja mesin tersebut.

Manfaat Preventive Maintenance

Berikut beberapa manfaat yang bisa produsen rasakan dengan diterapkannya preventive maintenance, antara lain:

  • Berkurangnya kemungkinan perbaikan mesin dan biaya besar

Bertindak setelah terjadi sebuah kerusakan mungkin akan menimbulkan biaya yang sangat besar. Semakin lama waktu untuk memperbaiki mesin, maka akan semakin besar pula kerusakan yang akan terjadi. Kejadian seperti ini bisa membuat frustrasi para pelaku usaha.

Kerusakan besar yang tidak terduga dapat mengakibatkan munculnya biaya tambahan. Contohnya membayar teknisi untuk bekerja secara ekstra, produksi barang bisa terlambat, pembelian suku cadang mesin, dan lain-lain.

Maka dari itu, Ketika perencanaan mesin sudah dilakukan, perbaikan mesin secara besar-besaran bisa diatasi dan biayanya pun bisa menjadi lebih hemat.

  • Terjaminnya Keamanan

Apabila terjadi kerusakan pada komponen mesin, maka hal tersebut mengakibatkan kondisi dimana keamanan para pekerja menjadi tidak aman bahkan bisa saja mereka mengalami luka. Jenis mesin yang berbeda dapat menghasilkan kerusakan yang berbeda pula, dan hal itu sangat fatal jika terjadi kerusakan besar yang mengakibatkan cedera bagi para pekerja.

  • Efisiensi Semakin Meningkat

Bentuk perawatan rutin pada mesin dapat membantu proses produksi menjadi lebih efisien. Jika terjadi kerusakan mesin secara perlahan, maka jumlah produksi pun perlahan akan mulai menurun.

Dengan dilakukannya preventive maintenance, maka kerusakan mesin bisa dicegah.

  • Mengurangi Waktu Luang (Down Time)

Setiap perawatan mesin pasti membutuhkan downtime, namun untuk jenis perawatan Preventive Maintenance bisa mengurangi dan mengoptimalkan downtime. Pada saat terjadinya kerusakan mesin, maka perbaikannya pun bisa cepat dilakukan karena para pekerja sudah tau apa saja yang harus diganti. Maka hal itu mengurangi downtime yang dibutuhkan untuk menganalisa sebuah kerusakan pada mesin.

  • Meningkatkan Keandalan

 Jika sudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, maka mereka pasti akan mengandalkan para pengusaha untuk mendapatkan produk atau bahan secara tepat waktu tanpa ada penundaan yang tidak perlu.

 Jika pemilik usaha melakukan perbaikan mesin dengan menunggu mesin sampai rusak dahulu, maka hal tersebut akan mengakibatkan downtime. Hal tersebut mengakibatkan terlambatnya produksi barang yang berimbas pada hilangnya kepercayaan dari para pelanggan.

  • Umur Mesin dan Peralatan Semakin Panjang

Harga sebuah mesin dan peralatan produksi lainnya tidaklah murah. Jadi, semakin sering dilakukan perawatan maka akan semakin memperpanjang umur dari mesin tersebut.

Mengabaikan perawatan mesin akan mengakibatkan turun secara drastis masa pakai dari mesin tersebut. Maka dari itu, perlu dilakukannya preventive maintenance untuk mengurangi penurunan biaya perawatan, kinerja mesin menjadi meningkat, dan meningkatkan laba produksi.

  • Berkurangnya Penggunaan Energi

Preventive Maintenance manjadikan penggunaan energi menjadi berkurang, karena mesin bisa bekerja dengan baik dan optimal.

  • Meningkatkan Produktivitas

Dengan berkurangnya downtime, maka mesin akan menghasilkan produk secara optimal. Hal tersebut bisa menungkatkan produktivitas pabrik.

Kesimpulan

Melakukan perawatan mesin dengan sistem preventive maintenance ini terlihat seperti pengeluaran yang cukup signifikan. Namun jika dilihat dari sudut lain, hal ini merupakan sebuah investasi untuk masa depan sebuah usaha industri karena preventive maintenance bisa menciptakan stabilitas dan efisiensi kinerja mesin yang lebih besar untuk masa depan.

Untuk membantu produktivitas usaha industri anda, SatuMesin menyediakan berbagai jenis mesin industri seperti carton sealermesin case packer, pallet handlingpalletizing robotcoding printercase erectorPrintlase, dan mesin conveyor.

SatuMesin menyediakan berbagai macam mesin industri terbaik, dengan harga yang bersahabat, spare part yang lengkap dan juga bergaransi.

Jika anda masih bingung untuk menentukan jenis mesin industri untuk usaha anda, silakan hubungi layanan kami. Kami siap membantu anda. Untuk informasi produk lainnya, anda bisa mengunjungi halaman katalog kami dan jangan lupa follow sosial media kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *