Catat, Ini Dia Perbedaan Resin Ribbon VS Wax Ribbon

resin ribbon

Resin dan wax ribbon merupakan produk habis pakai yang digunakan oleh mesin coding thermal transfer overprinter. Keduanya banyak digunakan dalam berbagai industri di Indonesia. Lalu, apa perbedaan dari keduanya? Mana yang lebih baik? Berikut adalah penjelasan dari resin ribbon dan wax ribbon.

WAX RIBBONS

Wax ribbon atau disebut juga dengan resin enhanced wax yang berbahan dasar wax atau lilin. Wax Ribbon ini yang paling banyak digunakan untuk general purpose dan memiliki harga paling murah. Cocok untuk label yang tidak dilapisi atau yang memiliki lapisan matte.

Daya Tahan dari wax ribbon kurang tahan lama jika dibandingkan jenis lain. Wax ribbon memberikan hasil cetak yang tidak akan mudah pudar. Tetapi masih rentan terhadap goresan dan gesekan. Wax ribbon juga memiliki ketahanan kimia yang cukup terbatas dibandingkan dengan jenis wax resin dan pure resin.

Bagaimana proses wax ribbon?

Semua wax ribbon memiliki kandungan sedikit resin di dalamnya. Kombinasi wax dan resin dilebur dan dilapisi ke film PET. Lapisan belakang diterapkan ke sisi sebaliknya; kemudian gulungan dibelah menyesuaikan panjang dan lebar model printer yang berbeda. Di printer, elemen printhead menerima sinyal digital untuk memanaskan dan mendinginkan dengan cepat. Saat panas, mereka memindahkan tinta dari pita ke label (dengan asumsi Anda memiliki kombinasi label/pita yang benar, tinta akan menempel pada label).

Penggunaan wax ribbon banyak diaplikasikan untuk label dengan jangka pendek namun tahan lama. Contohnya seperti label pengiriman, penandaan ritel, lokasi penyimpanan, papan nama, dan banyak lagi. Wax ribbon adalah yang paling populer dan menghasilkan lebih dari 70% dari penjualan transfer thermal ribbon (TTR).

Resin Ribbon

Beberapa jenis resin ribbon masih memiliki beberapa tingkat lilin di dalamnya, tetapi sebagian besar adalah resin tinta murni. Resin ribbon, terutama pure resin adalah jenis TTR yang paling tahan lama dan mahal. Hal ini karena resin ribbon diformulasikan khusus untuk diaplikasikan pada label kertas berlapis glossy, label film sintetis seperti Polypropylene, Polyethylene, Polyester atau bahkan reseptor khusus seperti Polymide, Acrylate, dan tekstil.

Ribbon ini adalah formulasi ribbon yang paling tahan lama. Panas atau dingin yang ekstrem, bahan kimia dan pelarut ekstrem, lecet kasar, dan lingkungan luar ruangan.

Bagaimana prosesnya ?

Saat tingkat resin di pita meningkat, prosesnya berbeda, karena tinta ini membutuhkan lebih banyak energi untuk melelehkannya ke substrat. Pengaturan kegelapan dan kecepatan printhead perlu disesuaikan agar dapat mentransfer tinta secara efektif dan menghasilkan cetakan yang tahan lama.

Karena kelebihannya, produk pita resin banyak di aplikasikan untuk penggunaan umum berkisar dari pelabelan perangkat medis, pelabelan komponen listrik/PCB, label perawatan pakaian, pancang tanaman, pelabelan drum kimia, dan banyak lagi.

Pemilihan produk habis pakai menjadi hal yang penting dalam proses produksi. Tidak bisa asal pilih karena karakteristik dari masing-masing yang sangat berbeda. SatuMesin menyediakan produk habis pakai (consumable) hanya dengan kualitas yang terbaik.

Jika anda mengalami kesulitan dalam memutuskan produk yang akan dipakai, jangan ragu untuk segera hubungi kami. Kami melayani konsultasi gratis untuk membantu anda menemukan produk yang terbaik bagi usaha anda. Untuk informasi produk lainnya, anda bisa kunjungi halaman katalog produk kami dan jangan lupa follow media sosial kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *