Thermal Inkjet (TIJ) – Pencetak Label Yang Compact

thermal inkjet
Thermal Inkjet atau TIJ

Salah satu mesin coding printer yang paling terkenal saat ini dalam dunia industrial adalah thermal inkjet atau biasa lebih dikenal dengan sebutan TIJ. Printer jenis ini merupakan generasi penerus dari coding printer seri sebelumnya yaitu Continuous Inkjet atau CIJ. Sebenarnya printer ini memiliki fungsi yang sama seperti mesin coding printer umum lainnya yaitu memberikan label, tanggal atau waktu, barcode, dan sebagainya.

Salah satu keuntungan dari thermal inkjet atau (TIJ) ini yaitu tidak membutuhkan botol untuk wadah tinta maupun pelarut, jadi sangat mudah untuk digunakan dan dibersihkan. Disisi lain, printer ini memiliki bentuk yang sangat compact, sehingga tidak membutuhkan tempat yang luas untuk penggunaanya. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas jenis mesin coding printer ini lebih medalam lagi.

Apa itu Thermal Inkjet (TIJ)?

Thermal Inkjet (TIJ) merupakan mesin coding printer yang dibekali dengan teknologi thermal (panas). Teknologi ini adalah kelanjutan dari teknologi yang diterapkan pada mesin coding printer sebelumnya yaitu Continuous Inkjet (CIJ). Printer ini diklaim mampu mencetak secara real time dan memiliki tingkat resoulusi yang tinggi yaitu sekitar 100 dpi – 600 dpi.

Thermal Inkjet ini hadir dalam berbagai merk dan model sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Misalnya hadir dengan model mobilitas, spesialisasi media, tinggi cetak, dan lain-lain. Printer TIJ hadir dengan memberikan kebutuhan untuk produksi tanpa mengurangi kualitas.

Keunggulan dari Thermal Inkjet

Berikut beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh thermal Inkjet (TIJ) dibandingkan dengan mesin coding printer yang lain :

  1. Perawatannya Yang Mudah

Dibekali dengan sistem tinta catridge dimana untuk proses pemeliharaannya cukup mudah. Anda hanya perlu mengganti catridge untuk mendapatkan tinta baru dan printhead baru. Proses pergantian catridge sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja.

2. Bebas Tinta Tumpah

Sistem yang digunakan dalam coding printer ini yaitu dengan cara menyegel tinta didalam catridge. Sehingga pada saat digunakan, tinta tersebut tidak akan resiko untuk tumpah atau bahkan mengalami kebocoran.

3. Biaya Spare Part yang Murah

Jika ingin mengganti spare partnya, biaya yang diperlukan untuk pembeliannya lebih murah dibandingkan dengan mesin coding printer yang lain.

4. Ukuran yang Compact

Bentuk mesin yang sangat compact dan tidak membutuhkan tempat yang luas. Sehingga lebih memudahkan pengguna untuk menempatkan mesin printer sesuai dengan keinginan mereka.

5. Friendly Controller for User

Mesin ini dibekali dengan sistem kontrol yang memberi kemudahan pengoperasian mesin bagi pengguannya. Pengguna tidak perlu memerlukan latihan atau praktik yang lama untuk mengoperasikan mesin ini.

6. Dapat Mencetak Berbagai Mesin Packaging

Mesin Coding printer ini dapat dintegrasikan dengan berbagai macam antara lain  mesin packaging Vertical, Mesin packaging Horizintal, Flat Bed Conveyor, Processing Conveyor, Mesin Friction Feeder, Mesin Cartoning (Primary Packaging juga Secondary Packaging) 

7. Dilengkapi Dengan Fitur Static dan Dinamic

Mesin coding printer ini dilengkapi degan dua fitur teknologi yaitu static dan dynamic. Fitur static merupakan perintah untuk melakukan proses printing dengan simultan (routine printing). Sedangkan fitur dynamic merupakan sistem printing yang perintah mesinnya berdasarkan sistem IT dan dapat diintegrasikan dengan beberapa interface seperti PLC.

8. Resolusi Print yang Sangat Tinggi

Hasil printing dari mesin ini mencapai 600 dpi, hasil print ini lebih tinggi dari mesin Continuous Inkjet (CIJ). Hal ini membuat hasil print menjadi rosolusi dengan lebih tinggi dan mudah dibaca.

9. Kecepatan Cetak yang Sangat Tinggi

Kecepatan print dari mesin ini sangat cepat mencapai 100 meter/menit.

Bagaimana Cara Kerja Thermal Inkjet atau (TIJ) ?

Sistem mesin yang digunakan dalam mesin ini menggunakan catridge, berbeda dengan mesin pendahulunya Continuous Inkjet (CIJ) yang menggunakan tangki isi ulang. Dalam penerapan sistem di dalam catridge menggunakan “drop ejection“. Sistem ini mendorong tinta catridge menuju media yang diinginkan melalui 4 langkah, antara lain:

image1 1
skema cara kerja thermal inkjet | source inkjet.com
  1. Tinta dipanaskan

Pada proses ini, tinta dikirm dari ruang catridge menuju ruang tembak. Di dalam ruang tembak ini, tinta dipanaskan mencapai suhu 1.000.000°C/detik

2. Pemanasan Tinta Menghasilkan Gelembung

Setelah dipanaskan, maka tinta akan menguap. Dari proses uap ini, tinta tersebut akan berubah menjadi gelembung-gelembung.

3. Gelembung Mendorong Tinta Keluar

Proses penguapan tadi mengakibatkan tetesan tinta keluar dari nosel.

4. Tinta yang Keluar dari Nosel Menyebabkan Tinta Menetes

Tetesan tinta yang terus menetes setelah keluar dari nosel menyebabkan lebih banyak tinta yang lain menjadi keluar.

Mesin Thermal Inkjet (TIJ) Seperti Apakah yang Cocok Untuk Usaha Saya?

Setelah kita membahas tentang Thermal Inkjet (TIJ), anda pasti bertanya-tanya “mesin apakah yang cocok untuk usaha saya?”. Jika anda mencari mesin yang bisa digunakan untuk mencetak kode seperti label, kode produksi, tanggal produksi, dan lain-lain, mesin thermal inkjet dengan merk Prinjet ini cocok untuk anda.

SatuMesin menyediakan mesin Thermal Inkjet (TIJ) dengan merek Printjet. Untuk jenis dari merek Printjet tersebut antara lain Printjet 1S, Prinjet 3S, Printjet 3D, dan Printjet 4.

Untuk memilih jenis Printjet mana yang cocok untuk usaha anda, anda bisa mengunjungi layanan kami untuk konsultasi perihal tersebut. Kami dengan senang hati siap membantu dan memilihkan mesin sesuai dengan pengoperasian untuk usaha anda. Untuk informasi mesin lainnya, silahkan kunjungi halaman katalog kami dan jangan lupa follow sosial media kami untuk informasi menarik lainnya.

Semoga Bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *