Thermal Inkjet (TIJ) vs Continuous Inkjet (CIJ)- Mana Yang Anda Butuhkan?

thermal inkjet dan continuous inkjet

Sebagai mesin industri yang didesain untuk memberikan label pada sebuah produk, sebuah perusahaan pasti menginginkan jenis mesin printer yang sempurna untuk produksi mereka. Printer yang dicari ini adalah mesin yang mampu mencetak secara akurat, handal, dan juga hampir dipakai disemua jenis industri seperti industri makanan dan minuman, obat-obatan, elektronik, dan lain-lain. Mesin printer yang dapat mengatasi hal tersebut antara lain Mesin Continuous Inkjet (CIJ) dan Mesin Thermal Inkjet (TIJ).

Untuk jenis Mesin Continuous Inkjet (CIJ) sendiri sudah digunakan selama bertahun-tahun untuk pemberian label pada produk. Mesin ini dapat mencetak secara cepat, bisa diaplikasikan dengan berbagai mesin, dan juga bisa mencetak hampir semua permukaan. Namun, hal ini tidak menjadikan Mesin Continuous Inkjet (CIJ) merupakan mesin cetak label produk yang terbaik. Banyak mesin printer industri lain yang dapat melakukan hal serupa, salah satunya yaitu Mesin Thermal Inkjet (TIJ).

Mesin Thermal Inkjet (TIJ) selama beberapa tahun terakhir, sudah banyak perusahaan yang menggunakan mesin jenis ini. Harganya yang sebanding dengan Mesin Continuous Inkjet (CIJ) ini dan kemajuan tinta yang digunakan, mengubah permainan berarti bahwa printer TIJ tidak lagi kesulitan dalam mencetak pada berbagai jenis permukaan.

Maka dari itu, satumesin akan menilai cara kerja setiap printer dan apa kelebihan atau kekurangan masing-masing mesin. Mari kita mulai:

Cara Kerja Mesin Thermal Inkjet (TIJ) dan Continuous Inkjet (CIJ)

Sistem kerja Continuous Inkjet yaitu dengan pompa yang bertekanan tinggi mendorong tinta melalui noozle pada printhead, yag menciptakan tetesan tinta secara terus menerus. Dengan CIJ, pompa tekanan tinggi mendorong tinta melalui nozel pada printhead, menciptakan aliran tetesan tinta yang berkelanjutan. Dalam aliran ini, printer secara elektrik mengisi daya tetesan individual yang akan membentuk teks tercetak. Medan magnet di dalam printhead kemudian mengalihkan tetesan bermuatan ini ke lokasi targetnya pada media. Tetesan tinta yang tidak digunakan akan diambil kembali dan akan didaur ulang menuju botol utama untuk digunakan kembali.

Untuk cara kerja mesin Thermal Inkjet yaitu dengan kartrid tinta yang terdiri dari ratusan nozel kecil yang masing-masing berisi elemen pemanas. Saat arus dialirkan melalui elemen pemanas nosel, tinta akan menghangatkan, mengembangkannya menjadi gelembung. Hal ini menciptakan tekanan, mendorong tinta pada permukaan gelembung melalui nosel dan ke media.

Perbandingan Mesin Mesin Thermal Inkjet (TIJ) dan Continuous Inkjet (CIJ)

Kecepatan Cetak

Printer CIJ dan TIJ sama-sama bisa mencetak dengan kecepatan tinggi. untuk CIJ mampu mengeluarkan tetesan dengan kecepatan yang lebih tinggi – hingga maksimum hampir 200 meter per menit dan ini cocok untuk percetakan yang sangat besar. Sedangkan TIJ Hanya mampu mencetak sekitar 100 meter per menit.

Perawatan Printer

Printer TIJ lebih mudah untuk melakukan perawatan. Jika ada masalah, Anda cukup mengganti kartrid tinta, yang membutuhkan waktu beberapa detik. Seangkan Printer CIJ jauh lebih kompleks. Mereka membutuhkan pembersihan rutin dan perawatan rutin oleh teknisi terlatih, menyebabkan lebih banyak waktu sehingga terkadang menghentinkan laju produksi.

Ramah Lingkungan

Printer TIJ hanya menggunakan daya hingga 80% lebih sedikit daripada printer CIJ. Printer TIJ juga menggunakan pelarut yang sangat sedikit, sehingga membantu menciptakan tempat kerja yang aman. Sebaliknya, pelarut merupakan bahan utama untuk printer CIJ. Saat mesin printer bekerja, pelarut ini melepaskan rata-rata 4-6 ml pelarut ke atmosfer setiap jamnya.

Jarak Cetakan

Dengan kecepatan tetesannya yang tinggi, printer CIJ mampu mencetak antara 8-10 mm. Sedangkan untuk Printer TIJ hanya mampu mencetak mencapai 8 mm saja. Jarak cetak dari printer CIJ maupun CIJ ini sudah memberikan kualitas cetakan yang optimal.

Kemudahan Penggunaan

Printer CIJ merupakan jenis mesin yang susah untuk digunakan karena memiliki bagian mesin yang rumit dengan banyak bagian mesin yang bergerak. Sehingga, anda membutuhkan keahlian khusus untuk merawat dan juga mengoperasikan mesin ini.

Sebaliknya, mesin TIJ justru lebih mudah untuk dioperasikan. Mesin ini mudah dioperesikan oleh siapa pun dan mengoperasikannya hanya butuh beberapa menit saja. Selain itu, dengan sistem catridge yang dimiliki oleh mesin ini membuat proses perawatannya menjadi lebih mudah.

Bentuk Mesin

Printer CIJ memiliki ukuran yang sangat besar, sehingga membutuhkan tempat yang lebih untuk menempatkannya. Berbeda dengan printer TIJ, ukurannya yang sangat compact membuat mesin ini tidak terlalu membutuhkan ukuran yang luas untuk menempatkan mesinnya, dan malah mesin ini sudah ada bentuk portable nya.

Waktu

Printer CIJ membutuhkan lebih banyak waktu untuk pembersihan dan perawatan dibandingkan dengan printer TIJ. Pencetak CIJ juga membutuhkan waktu beberapa menit untuk memulai, sehingga pengguna sering menjalankannya sepanjang hari untuk menghindari waktu produksi yang berhenti. Sedangkan printer TIJ hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk memulai dan mematikan mesinnya, sehingga pengguna dapat menyalakan dan mematikannya sesuai kebutuhan.

Biaya

Printer TIJ membutuhkan biaya produksi lebih sedikit dari pada printer CIJ. Tetapi printer CIJ bisa memproduksi lebih banyak dari TIJ. Maka dari itu, pertimbangkan dahulu produksi yang akan anda jalanankan, mau menggunakan printer CIJ yang biaya produksinya lebih mahal tetapi dengan hasil produksi yang banyak. Atau dengan menggunakan TIJ dengan biaya produksi lebih sedikit tetapi juga hasil produksinya tidak sebanyak printer CIJ.

Kesimpulan

Kedua printer antara Thermal Inkjet (TIJ) dan Continuous Inkjet memiliki kelebihannya masing-masing. Kedua printer continuous inkjet (CIJ) dan Thermal Inkjet (TIJ) memiliki peran penting dalam industri .

Printer CIJ menggunakan sistem tetesan tinta untuk menghasilkan label dan bias digunakan untuk produksi skala besar atau TIJ yang menawarkan sistem kartrid dengan produk akhir beresolusi tinggi. Memilih salah satu dari yang lain memerlukan pertimbangan yang cermat tentang biaya, kualitas cetak, kecepatan, dan pemeliharaan yang terkait dengan masing-masing teknologi.

SatuMesin menyediakan Printer Continuous Inkjet (CIJ) dengan merk Printflex. Untuk informasi mengenai jenis-jenis Printflex Series, anda bisa melihatnya disini. Selain CIJ, kami juga  menyediakan mesin Thermal Inkjet (TIJ) dengan merek Printjet. Untuk jenis dari merek Printjet tersebut antara lain Printjet 1SPrinjet 3SPrintjet 3D, dan Printjet 4.

Jika anda masih bingung dengan printer jenis apa yang cocok untuk usaha anda, apakah jenis Continuous Inkjet (CIJ) atau jenis Thermal Inkjet (TIJ). Anda bisa berkonsultasi dengan kami melalui layanan kami. Kami siap membantu anda untuk berkonsultasi menganai mesin apa yang cocok untuk usaha anda. Untuk informasi mesin lainnya, silahkan kunjungi halaman katalog kami dan jangan lupa follow sosial media kami untuk informasi menarik lainnya.

Terima kasih dan semoga bermanfaat !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *