Thermal Printer Flat Head VS Near Edge

Thermal printer Flat Head dan Near Edge banyak digunakan dalam industri dalam maupun luar negeri. Fungsinya tentu saja untuk mencetak tanggal, kode produksi maupun barcode pada kemasan. Thermal printer terbagi menjadi 2 jenis tergantung pada letak print headnya. Sebelum menjelaskan apa saja jenis dari thermal printer, kita bahas dulu bagaimana cara kerja mesin thermal printer ini.

Seperti namanya, thermal printer memanfaatkan panas pada printhead untuk mencetak kode pada media atau substrat. Ketika pita melewati printhead yang panas, tinta akan meleleh dan menempel pada media cetak. Membentuk gambar, kode atau teks seperti yang diinginkan.

Apa Itu Print head ?

Print head adalah salah satu komponen dari mesin thermal coding yang berinteraksi langsung dengan material seperti thermal ribbon maupun thermal label. Print head ini mengirimkan sinyal listrik untuk memulai menghasilkan panas ke area tertentu dengan tujuan mencetak pola yang sesuai.

thermal printer flathead
Flat Head Thermal Printing

Thermal Printer Flat Head

Pada thermal printer flat head, print head dipasang secara horizontal. Diletakkan sejajar dengan pita dan media, elemen pemanasnya terletak di tengah print head. Saat pita melewati print head yang dipanaskan, pita mentransfer tinta ke media.

Baik pita dan media bergerak bersama dalam jarak yang pendek, memberikan waktu pada tinta untuk mendingin dan mengeras. Dengan kata lain, bahwa untuk jenis pencetakan ini, media dan pita bersentuhan dengan print head dalam jangka waktu yang lebih lama.

Thermal printer Flat head adalah pilihan yang lebih tradisional untuk teknologi pencetakan termal, membuatnya lebih banyak ditemukan. Flat Head thermal printing cocok digunakan untuk mencetak produk volume sedang, yang mencakup semua printer industri dan sebagian besar desktop.

Merek terkenal yang menggunakan pencetakan thermal printer flat head meliputi:

  • Zebra
  • Sato
  • Datamax

Pencetakan thermal printer Flat head dapat memanfaatkan berbagai jenis bahan pita, seperti lilin, lilin/resin, dan resin. Ini dapat digunakan pada bahan kertas serta substrat sintetis, seperti polipropilen, poliester, dan vinil.

Thermal printer Flat head mendukung kecepatan cetak yang lebih lambat dengan lebih mudah, kecepatan rata-ratanya sekitar 14 ips atau inci per detik. Meskipun memerlukan perawatan yang lebih sedikit daripada pencetakan near edge, pengguna harus tetap memperhatikan perawatan print head secara teratur untuk memperpanjang kualitas cetak dan masa pakai.

near edge thermal printer
Near Edge Thermal Printing

Thermal Printer Near Edge

Meskipun tidak biasa dan harganya sedikit lebih mahal daripada flat head, jeni ini masih banyak digunakan untuk teknologi pencetakan termal. Pada near eedge thermal printing, print head berada dalam posisi miring 45 derajat, itulah sebabnya mengapa near edge disebut sebagai “floating head” or “corner edge” dalam industri percetakan.

Pada jenis ini media akan bersentuhan secara singkat dengan pita saat melewati print head yang dipanaskan. Hal ini akan membuat proses transfer tinta ke media menjadi lebih cepat. Karena itu, jarak antara tempat gambar dicetak dan tempat pita lebih pendek dibandingkan dengan jenis flat head. Sudutnya juga memungkinkan print head menjadi dingin di antara cetakan, mencegah kenaikan suhu terus-menerus, yang pada akhirnya juga akan mengurangi ke ausan pada print head.

Pencetakan near edge memerlukan jenis pita khusus untuk mencetak. Bahan pita terbatas pada wax resin dan resin, dan harus mengandung lapisan pelepas agar tinta cepat terlepas dari pita dan dipindahkan ke substrat. Namun, jenis thermal printing ini mampu menampung pita berwarna selain hitam, seperti putih, merah, dan hijau.

Merek terkenal yang menggunakan pencetakan dekat tepi meliputi:

  • Toshiba TEC
  • Markem & Videojet
  • Datamax
  • Printdate

Produk yang dicetak dengan print head dari near edge biasanya tidak diaplikasikan dengan tangan. Printer dipasang di sebelah jalur perakitan, dan saat produk bergerak di sepanjang ban berjalan, gambar atau teks dengan cepat dicetak ke permukaan.

Baik itu flat head maupun near edge memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Penggunaanya pun harus sesuai dengan produk, media dan tujuan percetakan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari mesin thermal printing tersebut.

SatuMesin menyediakan thermal ribbon dengan kualitas terbaik baik itu untuk tipe flathead thermal printer maupun near egde thermal printer. Kami juga menyediakan thermal transfer overprinter untuk usaha anda dengan harga yang bersaing. Apabila mengalamai kendala atau ingin berkonsultasi tentang mesin dan thermal ribbon, silahkan hubungi kami melalui WhatsApp atau Email. Kami dengan senang hati akan membantu anda menemukan solusi terbaik untuk mesin industri anda.

Untuk informasi mesin lain yang kami jual, anda bisa kunjungi katalog produk kami dan jangan lupa instagram kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *