Thermal Ribbon : Perbedaan dan Fungsi Dari Setiap Jenisnya

thermal-ribbon-feature-image

Thermal Ribbon atau disebut juga pita coding merupakan salah satu produk consumable yang digunakan oleh Thermal Printer, baik itu untuk mencetak label maupun kode. Dimana penggunaannya minim limbah cair dan proses yang cepat.

Thermal Ribbon terbagi menjadi 2 yaitu Near Edge dan Flat Head. Berikut merupakan penjelasan singkat dari Near Edge dan Flat Head Thermal Ribbon

Thermal Ribbon tipe Near Edge

Tipe ini memiliki karakteristik mencetak dengan tingkat kecepatan tinggi. Near Edge Ribbon ini digunakan untuk mesin coding dengan teknologi Thermal Transfer Overprinter (TTO). Karakteristik dar tipe Near Edge ini sudah masuk dalam sertifikasi food grade jadi jika kemungkinan terjadi paparan pada produknya maka aman dikonsumsi dalam ambang batas paparan tertentu.

Jenis-jenis dari Near Edge ini adalah :

Jenis ini merupakan perpaduan dari bahan wax dan resin. Thermal ribbon jenis ini juga diangggap sebagai solusi terbaik untuk mesin coding TTO. Wax Resin Ribbon cocok untuk digunakan pada material top-coated paper dan sintetis rendah hingga menengah.

Keunggulan yang dimiliki oleh wax resin ribbon adalah ketahanan terhadap perubahan suhu yang cukup ekstrim dan paparan bahan kimia.
TTR ini banyak digunakan untuk general purpose seperti mencetak coding date, batch dan dapat mencetak dalam kecepatan tinggi. Kecepatan maksimumnya bisa mencapai 1000 mm/sec. Umumnya yang menggunakan Wax Resin ini adalah food industry seperti produk kopi, bakery, snack.

Selain itu, keunggulan yang didapat dari Wax Resin Ribbon adalah dapat menangani kapasitas produksi yang tinggi dengan harga yang ekonomis.

Jenis thermal ribbon ini memiliki keunggulan tahan terhadap goresan dan paparan bahan kimia. Selain itu juga di klaim memiliki ketahanan untuk produk yang menggunakan cold storage. Hasil cetak extra resin ribbon bertahan pada saat suhu 0 sampai dengan -80°C dan juga dapat bertahan pada saat produknya mengalami fase kondensasi. Extra Resin Ribbon memiliki kecepatan maksimum sampai dengan 600 mm/sec. Sehingga jenis ini merupakan solusi terbaik untuk mencover ketahanan dari TTR Wax Resin.

Yang terakhir adalah Pure Resin Ribbon yang memiliki keunggulan dapat bertahan pada suhu storage yang sangat extrim  -250° C hingga 120°C. Selain itu, TTR jenis ini juga dapat digunakan untuk produk yang memiliki selflife yang relative lama yaitu antara 5 – 7 tahun expiry term. Karena kelebihan yang dimilikinya, jenis TTR ini biasanya banyak di aplikasikan untuk produk kosmetik dan produk farmasi.

Thermal Ribbon tipe Flat Head

TTR jenis ini di aplikasikan untuk printer label yang mulai dari yang memiliki kecepatan rendah atau low speed printer sampai dengan high speed printer untuk skala industri. Contoh penggunaanya antara lain :

  1. Industri Retail : Untuk POS, Price Tag, Product Barcode Identification, Ticketing (Aviation & Recreation provider) , Shipping Mark (Logistic & Forwarding ( alamat pengiriman )) dll.
  2. Industri Elektronik : untuk Product Marking Code (imei, part number, semiconductor tagging code, serial number) untuk label eksternal & internal packaging biasanya berupa cetakan TIF Barcode atau QR Code untuk identifikasi produknya.

Jenis-jenis dari Flat Head ini antara lain adalah :

Jenis ini memiliki keunggulan dapat mencetak dengan kecepatan cukup tinggi dengan tingkat ke presisian dari cetakan lebih detail dari jenis wax ribbon biasa. TTR Jenis ini juga memiliki ketahanan terhadap gesekan dan goresan yang cukup tinggi. Sehingga, walaupun terjadi gesekan, media hasil cetakan tidak akan luntur & pudar. Umumnya industri yang memakai produk ini adalah industri garment, otomotif, dan retail.

TTR ini berbahan dasar campuran wax dan resin. Keunggulannya adalah dapat mencetak dengan kecepatan tinggi, ketahanan terhadap paparan kimia, hasil printing dengan tingkat resolusi tinggi dan memiliki ketahanan scratch resistance.

Premium resin merupakan TTR dengan grade paling tinggi dari produk TTR yang lainnya. Karena produk ini memiliki keunggulan dapat bertahan untuk perubahan suhu yang ekstrim dan memiliki ketahanan dari paparan bahan kimia. Karakteristik produk ini tidak dapat diaplikasikan untuk printing dengan kecepatan tinggi dan cenderung memiliki down time pre heating yang lebih lama. Umumnya, TTR jenis premium resin banyak dipakai untuk industri farmasi dan kosmetik.

Itu tadi merupakan penjelasan singkat dari masing-masing jenis TTR yang beredar di dunia industri. Untuk mendapatkan produk TTR tersebut, satumesin menyediakan kualitas terbaik untuk anda.

Jika anda mengalami kesulitan untuk memutuskan Thermal Ribbon mana yang terbaik untuk produk usaha anda. Silahkan hubungi kami untuk konsultasi dan kami akan membantu anda untuk menentukan produk yang terbaik. Untuk informasi produk lainnya, silahkan kunjungi halaman katalog produk kami dan jangan lupa follow media sosial kami untuk informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *